MEDIA EDUKASI INTERAKTIF UNTUK PENGENALAN NAMA- NAMA PLANET PADA TATA SURYA BERBASIS AUGMENTED REALITY 3D

Armadyah Amborowati, Azri Khaerul Imamah

Abstract


Dalam bidang astronomi banyak cara yang dapat dijadikan jalan pembelajaran mengenai pengenalan tata surya salah satunya dengan cara yang paling mudah yaitu augmented reality. AR sebagai penggabungan benda-benda nyata dan maya di lingkungan nyata, berjalan secara interaktif dalam waktu nyata dan terdapat integrasi antarbenda dalam tiga dimensi (3D). Penggabungan benda nyata dan maya dimungkinkan dengan teknologi tampilan yang sesuai dengan mempelajari tentang tata surya seperti Planetarium tata surya adalah sekumpulan planet planet yang membentuk orbit mengelilingi matahari dengan jarak dan usia. Metode pembuatannya menggunakan 3D max dikombinasikan dengan aplikasi ARToolKit sebagai media untuk menggabungkan dunia nyata dan virtual. Media pendukung antara lain menggunakan marker.


References


A. Suharso, Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3D Berbasis Augmented Reality, Karawang: Universitas Singaperbangsa Karawang, 2012.

E. K. Wibisono, Implementasi Aplikasi Augmented Reality Sebagai Alat Peraga Dalam Pembalajaran Fisika Materi Tata Surya, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

R. Hendrawan, Media Edukasi Vitamin Dalam Buah - Buahan Untuk Anak - Anak Menggunakan Teknologi Augmneted Reality, Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta, 2015.

I. Yusniawati, Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Tata Surya dengan Menggunakan Media Interaktif Animasi 3 Dimensi pada Siswa Kelas VI SD Negeri 02 Tlobo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar, Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2011.

A. Santoso, Menganalisi Dan Merancang Rancangan Bangun Ruang Aplikasi Pembelajaran Organ Tubuh Berbasis Augmented Reality, Palembang: STMIK GI MDP, 2014.

M. S. ST, Mastering 3D Max, Jakarta: Kompas Gramedia, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.