PERANCANGAN SISTEM INFORMASI INVENTORY DI AMIK LEMBAH DEMPO PAGARALAM

Lendy Rahmadi, Kusnita Yusmiarti

Abstract


Sistem Informasi Inventory merupakan sebuah sistem informasi yang mengelola manajemen atau pengelolaan inventory yang ada dalam suatu organisasi. Pada dasarnya, semua organisasi membutuhkan sistem informasi inventory karena setiap organisasi pasti mempunyai barang-barang inventaris yang harus dikelola. Pada umumnnya sistem informasi inventory dapat memberikan informasi seperti pengeluaran barang, pembelian barang, penerimaan barang, pemindahan barang dan lainnya. AMIK Lembah Dempo Pagaralam belum mempunyai sebuah sistem informasi yang dapat melakukan pengelolaan inventory secara keseluruhan. Pengelolaan inventory yang saat ini dilakukan masih dengan cara manual dengan melakukan pembukuan terlebih dahulu terhadap barang inventaris dan inventory lainnya yang kemudian akan dipindahkan kedalam computer untuk dicatat kembali. Pengelolaan inventory dengan menggunakan sistem lama ini mempunyai banyak kendala dan kelemahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah perancangan sistem informasi inventory pada AMIK Lembah Dempo Pagaralam yang nantinya hasil dari perancangan ini dapat dipakai ataupun dikembangkan untuk pembangunan sistem informasi inventory di AMIK Lembah Dempo. Dalam kesimpulannya nanti, akan diketahui cara-cara serta tahapan untuk membuat sebuah perancangan sistem informasi inventori pada AMIK Lembah Dempo Pagaralam yang dimana nantinya dengan adanya sistem informasi inventori ini akan membantu dan mempermudah pengelolaan inventory di AMIK Lembah Dempo. 


Full Text:

PDF

References


HM, Jogiyanto, Analisis dan Desain Sistem Informasi, 1999.

Siang Viviliana, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Pempek Nony 169 Palembang” Jurnal STMIK GI MDP. 2010.

Richard J. Tersine. Principles of Inventori and Materials Management Second Edition, New York, 1984.

Jeffrey L. Whitten, Lonnie D. Bentley, Kevin C. Dittman, “System Analysis and Design Methods 5th” Ed., McGraw-Hill, 2001


Refbacks

  • There are currently no refbacks.