PERANCANGAN APLIKASI LAPORAN KEGIATAN BERBASIS WEB PADA BPJN XI SATKER WILAYAH II SULAWESI UTARA

Andreta Talita Pangkerego, Stenly Richard Pungus

Abstract


Laporan mengenai informasi kegiatan merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan maupun organisasi karena digunakan sebagai dasar penentuan kebijakan dan pengarahan, bahan penyusunan rencana kegiatan selanjutnya, serta mengetahui perkembangan dan proses peningkatan bisnisnya, hal ini menjadi tolak ukur bagi Satuan Kerja Wilayah II. Hingga saat ini BPJN XI Sulut dalam pembuatan dan pengiriman laporan dari pihak tim teknis kepada PPK membutuhkan waktu yang lama karena dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan laporan hasil kegiatan setiap minggunya.

Metode yang digunakan dalam perancangan aplikasi laporan ini adalah melakukan observasi dengan mengamati proses pembuatan dan pengiriman laporan, serta melakukan wawancara dengan pihak terkait. Pada saat ini pembuatan laporan membutuhkan pekerjaan yang berulang-ulang dengan cara melakukan pengeditan terhadap laporan kegiatan mingguan pada Microsoft Excel yang mana data-data dari laporan tersebut beresiko terduplikasi, selanjutnya PPK membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memperoleh laporan tersebut.

Keadaan tersebut mendorong suatu usaha untuk merancang aplikasi laporan kegiatan mingguan untuk Satuan Kerja Wilayah II. Penulis menggunakan metode penelitian rekayasa perangkat lunak dengan proses model Rational Unified Process (RUP) dan melakukan analisa dengan menggnakan Unified Modeling Language (UML). Aplikasi yang nantinya akan dibuat diharapkan dapat mendukung kegiatan operasional, memperbaiki kelemahan sistem yang sedang berjalan agar dapat meminimalkan keterlambatan dan mampu memberikan informasi yang lebih cepat.


Full Text:

PDF

References


E. A. Sosiawan and DN. Susilastuti, "Model Manajemen Komunikasi Front Office E-Government Sebagai Media Pelayanan Publik (Studi Pada Situs Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten Di Yogyakarta)," Jurnal Ilmu Komunikasi, vol. 6, p. 92, Agustus 2008.

WebsitePU-net. [Online]. HYPERLINK "http://www.pu.go.id/content/show/14/tugas-dan-fungsi" http://www.pu.go.id/content/show/14/tugas-dan-fungsi

S. R. Pungus, R. Bryan, and R. Walangare, "Prototipe track Record Application: Performance, Attitude and Behavior for Students in Universitas Klabat," Conference Paper 2ndconferenceaup, p. 2, October 2014.

E. Giri and Y. Anggoro, Pedoman Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, 4th ed. Jakarta, DKI Jakarta, Indonesia: Transmedia Pustaka, 2008.

A. D. Prihantono. Scribd. [Online]. HYPERLINK "https://www/scribd.com/doc/4857842/Pengertian-Laporan- Kegiatan" https://www/scribd.com/doc/4857842/Pengertian- Laporan-Kegiatan

S. A. Andre, "Aplikasi Web Dinamis Menggunakan Editor Macromedia Dreamweaver 8 Berbasis PHP dan MySQL Untuk Sistem Kendali Dan Monitoring Ruangan," Department of Electro, Diponegoro University, Semarang, Skripsi.

P. B. MacIntyre, PHP: The Goods Parts, 1st ed., J. Steele, Ed. United States: O'Reilly Media, Inc, 2010.

D. Rosmala, M. Ichwan, and M. I. Gandalisha, "Komparasi Framework MVC (CodeIgniter dan CakePHP) Pada Aplikasi Berbasis Web," Jurnal Informatika, vol. II, p. 23, Agustus 2011.

N. Sharma, L. Perniu, and F. Chong, Database Fundamental, 1st ed. Marcham, Canada: Warden Avenue, 2010.

Haviluddin, "Memahami Penggunaan UML (Unified Modelling Language)," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 6, no. 1, p. 1, Februari 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.