REPRESENTASI FUZZY TSUKAMOTO MENGGUNAKAN FUNGSI PL/PGSQL DAN CHECK CONSTRAINT

Sucipto Sucipto, Ari Suhartanto, Rina Firliana

Abstract


Basis data sangat dibutuhkan untuk penyimpanan sebuah data. Dalam perkembangannya basis data tidak hanya digunakan sebagai penyimpanan data, namun juga dapat digunakan sebagai fungsi maupun cek validitas data. Basis data dalam penerapan sistem pendukung keputusan penerapannya hanya sebatas penyimpanan data dan query untuk memunculkan perhitungan logika fuzzy dan memberikan keluaran dari sistem berupa rekomendasi. Pada database dapat mendefinisikan fungsi untuk mendapatkan himpunan fuzzy, selain penentuan himpunan fuzzy menggunakan pemrograman mobile, web, maupun dekstop. Pada penelitian ini dilakukan representasi fuzzy Tsukamoto dari pemrograman database dengan bahasa yang digunakan PL/PgSQL. PL/PgSQL merupakan bahasa prosedural dalam PostgreSQL yang dapat digunakan bersama dengan constraint check untuk menentukan hasil dari representasi fuzzy Tsukamoto dan pembatasan terhadap data yang akan dimasukan dalam suatu tabel.


References


Connolly, T.M & Begg, E.C, Database Systems: A Practical Approach to Design, Implementation, and Management, 5th Edition, America: Pearson Education, 2010.

Kusumadewi, S, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta: Graha Ilmu. 2003.

Satzinger, J.W., Jackson, R.B & Burd, S.D, Systems Analysis and Design in a Changing World, 5th Edition, Boston USA: Course Technology CENGAGE Learning, 2009.

Suwanto, R., “Integrity Constraint Basis Data Relasional dengan Menggunakan Pl/Pgsql dan Check Constraint”, in Proc. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia, Januari, 2013.

William & Sawyer, Using Information Technologi. Yogyakarta:Andi, 2007.

Chaudhari, S & Patil, “M, Study and Review of Fuzzy Inference Systems for Decision Making and Control”, A merican International Journal of Research in Science, Technology, Engineering & Mathematics, 2014.

Widayani, W., Kusrini & Fatta, H.A, Perancangan Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Impor Bawang Merah, Citec Journal, Vol. 2, No. 3, Mei 2015 – Juli 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.