IMPLEMENTASI HYBRID MOBILE APPLICATION BERBASIS MODULAR OBJECT-ORIENTED DYNAMIC LEARNING ENVIRONMENT PADA ANDROID DAN IOS

Ariana Azimah, Agus Wibowo

Abstract


Aplikasi e-learning berbasis web memiliki keterbatasan dalam hal aksesibiltas, hal ini disebabkan karena tidak semua peserta didik mempunyai perangkat komputer untuk dapat mengakses aplikasi tersebut. Sementara itu perkembangan dan pemanfaatan perangkat bergerak atau mobile berkembang sangat pesat dan memungkingkan pengembangan fasilitas e-learning. Untuk saat ini sudah banyak pengembangan mobile learning dalam bentuk web berbasis mobile dimana akses dilakukan melalui mobile browser. Hal ini juga memiliki keterbatasan dimana perangkat mobile memiliki koneksi Internet yang tidak stabil dan memori yang lebih kecil dibanding perangkat komputer.

Pada penelitian ini dilakukan implementasi aplikasi hybrid mobile, yang dikembangkan menggunakan HTML, CCS dan javascript yang digabung dengan aplikasi native. Hasil dari penelitian adalah aplikasi learning yang dapat berjalan di beberapa platform seperti android dan ios dengan menggunakan interface aplikasi yang berbeda dari versi aplikasi learning berbasis web.

Kata kunci : mobile learning, hybrid mobile, moodle, ios, android


Full Text:

PDF

References


Yahya, S., Ahmad E. A. dan Jalil, K. A., 2010, The Definition and Characteristics of Ubiquitous Learning: A Discussion, Int. Journal of Education and Development using Information and Communication Technology, 1,6, 117-127 [2] Ebner, M., Stickel, C., Scerbakov, N. dan Holzinger, A., 2009, A Study on the Compatibility of Ubiquitous Learning (u- Learning) Systems at University Level, Springer Lecture Notes in Computer Science, 34-43. [3] Hasan, Y., Zaidi, M., Haider, N., Hasan, W.U dan Amin, I., 2012, Smartphones Application Development Using HTML5 and Related Technologies : A Tradeoff Between Cost and Quality, Int. Journal of Computer Science Issue, 9, 3, 455-461 [4] Dewi Saputri, Septiana. "Aplikasi Mobile Learning Menggunakan Bahasa Pemrograman Java Pada Platform Android." (2012). [5] Joko Purwanto, Ika Kartika, Nopita Setiawati, “Pengembangan Mobile Learning (M-Learning) Berbasis Moodle Sebagai Daya Dukung Pembelajaran Fisika Di SMA,” in Proc. Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika., Sept. 15, 2012.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.