SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PRESTASI SISWA MENGGUNAKAN METODE TOPSIS

Ewaldus Ambrosius Tukan, Janero Kennedy

Abstract


Pendidikan agama mempunyai peranan yang sangat penting dalam perkembangan kualitas peserta didik serta kemajuan bangsa. Penentuan penilaian mata pelajaran Pendidikan Agama pada Sekolah Menengah Kejuruan XYZ memiliki peranan yang penting dalam penilaian akademik masing-masing siswa. Kriteria penilaian pendidikan agama yang berjalan selama ini mengacu pada 4 poin kriteria yang mana belum dimaksimalkan peranan masing-masing kriteria dalam pengambilan keputusan.

Dalam penelitian ini penyusun berusaha untuk membantu guru pengajar dalam menentukan prestasi siswa melalui penilaian dengan menggunakan metode Technique for Others Referece by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS).

Pada akhirnya sistem yang dibangun dengan metode TOPSIS mampu menghasilkan data prestasi siswa terhadap penilaian Pendidikan Agama pada Sekolah Menengah Kejuruan XYZ dengan kriteria yang digunakan baca al-qur’an, hafalan al-qur’an, sholat wajib dan sholat jenazah, dan adab. Dengan hasil perhitungan akhir nilai prestasi siswa tertinggi oleh Desi Fatmasari dengan predikat sangat baik dan Irwansyah dengan predikat sangat buruk.  


Full Text:

PDF

References


Azmi Meri. Sonatha Yance. Rasyidah., “Pemanfaatan Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Alokasi Dana Kegiatan (Studi Kasus Unit Kegiatan Mahasiswa Politeknik Negeri Padang),” Jurnal Momentum, vol. 16, no. 1, pp. 74-83, Februari 2014.

Nur Fitriana, Amelia. Harliana. Handaru., “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menetukan Prestasi Akademik Siswa dengan Mtode TOPSIS,” Citec Journal, vol. 2, no. 2, pp. 153-164, Februari 2015.

Etik Sulistiyani, Maria. Bambang Soedijono. Syamsul A. Syahdan., “Sistem Penentuan Jurusan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Karangmojo,” in Proc. Semnasteknomedia 2015, pp. 2.2-247-2.2- 252, Februari 6, 2015.

Indra Gunawan, Dedek., “Analisa Metode TOPSIS Untuk Menentukan Jalur Koperasi Pengangkutan Umum Medan (KPUM),” in Proc. Semnasteknomedia 2015, pp. 2.2-133-2.2-138, Februari 6, 2015.

Hasibuan, Z. A., Metode Penelitian pada bidang Ilmu Komputer dan Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2007.

Hasan, “Action Research: Desain Penelitian Integratif untuk Mengatasi Permasalahan Masyarakat,” AKSES: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 4 No. 8, Oktober 2009.

Kusumadewi, S et al., 2006, Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (FUZZY MADM), Graha Ilmu, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.