ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN MARKER TERHADAP KEMUNCULAN OBJEK PADA APLIKASI AUGMENTED REALITY
Abstract
Marker merupakan komponen penting dalam aplikasi Augmented Reality (AR). Kemunculan obyek pada AR sangat dipengaruhi oleh kualitas marker yang diukur dalam star rating dan jarak penempatan marker dan pencahayaan disekelilingnya. Penelitian ilmiah ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan marker dua dimensi (2D) terhadap kemunculan objek 3D dalam aplikasi Augmented Reality (AR) yang dipergunakan pada perangkat Android.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode SDLC tipe Waterfall. Tahap yang dilakukan adalah analisa kebutuhan, perancangan penelitian, pembuatan aplikasi dan skenario uji coba, serta pengujian dan pembahasan. Pembangunan program menggunakan perangkat lunak Vuforia SDK 2.8.8, Android SDK, dan Eclipse sebagai teks editor. Sedangkan pembuatan objek menggunakan perangkat lunak Paint, InkScape, PhotoScape, dan Blender.
Berdasarkan hasil pengujian menunjukkan semakin besar Star Rating marker maka jangkauan antara marker dengan perangkat penerima semakin jauh. Intensitas cahaya yang semakin bertambah membuat jarak kemunculan objek 3D semakin besar. Penggunaan marker hitam putih dan berwarna memiliki pengaruh jarak terjauh yang sama. Objek 3D yang muncul akan stabil bila marker terlihat seluruhnya (tanpa tertutup oleh penghalang).
Full Text:
PDFReferences
Azuma, R. T. “A Survey of Augmented Reality”. Presence: Teleoperators and Virtual Environments 6, pp. 355 – 385, 1997
Siltanen, S. “Theory and Applications of Marker-Based Augmented Reality”, Espoo, VTT. 199 p. + app. 43 p. VTT Science 3, 2012
Hirzer, M. “Marker Detection for Augmented Reality Applications”, url : lrs.icg.tugraz.at/pubs/hirzer_tr_2008.pdf
Ibanez, A. S. “Vuforia v1.5 sdk: Analysis and evaluation of capabilities”, Master’s thesis, Universtat Politecnica de Catalunya, 2013.
______, “Natural features and rating”, url: https://developer.vuforia.com/resources/dev-guide/naturalfeaturesand- rating, tanggal akses 7 September 2015 [6] Wang, G. and Jonathan Wu. “Introduction to 3D Computer Vision”,Springer London Publisher, 2011
_______, “Samsung galaxy ace 3”. url: http://www.gsmarena.com, tanggal akses 6 Juli 2015.
________, “Samsung Galaxy Note 10.1 (2014 Edition)”, url: http://www.gsmarena.com/samsung_galaxy_note_10_1_(2014_edit ion)-5677.php, tanggal akses 6 Juli 2015
Refbacks
- There are currently no refbacks.