APLIKASI SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT PENCERNAAN PADA MANUSIA MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHANNING

Ari Hardiansyah Situmorang, Irham Nur Hakim, Muhammad Shofyan

Abstract


Penyakit pencernaan adalah salah satu penyakit yang berbahaya serta memiliki dampak buruk pada manusia. Bersama dengan penyakit pernafasan kronis, penyakit pencernaan merupakan penyakit yangmenyumbangkan sekitar 30 persen angka kematian di dunia. Kurangnya kesadaran, kurangnya pengemahaman akan gejalagejala nya, serta pola hidup yang tidak sehat merupakan beberapa faktor yang menjadi alasan mengapa angka kematian pada penyakit pencernaan begitu tinggi dari total keseluruhan penyakit yang ada. Untuk mengatasi dan mengurangi angka tersebut, diperlukan sebuah media berupa sistem yang dapat memberikan solusi tepat berdasarkan gejala-gejala yang ada. Sistem pakar ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu memberikan informasi lebih mengenai penyakit pencernaan serta bagaimana cara penanganan terbaik yang bisa di lakukan.

Tahap diagnosa pada penyakit pencernaan dapat dilakukan dengan caramemanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi, Artificial Intellegent atau disebut juga kecerdasan buatan. Didalam kecerdasan buatan, terdapat sistem yang disebut sistem pakar, dimana sistem tersebut memiliki berbagai macam metode penerapan, salah satu nya adalah metode forward channing. Sistem pakar ini diawali dari masukkan dari pasien berupa jawaban ya atau tidak mengenai gejalagejala yang dirasakan. Gejala-gejala tersebut diakses dari knowledge base pada sistem lalu aplikasi akan menyimpulkan penyakit pencernaan apa yang sedang dialami dan cara penanganannya. Perancangan sistem sendiri di implementasikan ke dalam bahasa pemograman Personal Home Page (PHP) dan Web Browser.

Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem pakar yang digunakan untuk mendiagnosa penyakit pencernaan yang berjumlah 6 penyakit menggunakan metode forward channing untuk kemudian digunakan untuk menyimpulkan suatu nama penyakit yang diderita. Berdasarkan hasil pengujian aplikasi, dapat disimpuolkan bahwa sistem pakar ini layak untuk digunakan yang ditujukan kepada pasien dan tenaga medis.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, “Sistem Pakar Teori dan Aplikasi”. Yogyakarta: Andi. 2006.

Edwards, G.L, “Biology: The Easy Way”. 2000.

Kusumadewi, Sri, “Artificial Intelligence Teknik dan Aplikasinya”.Yogyakarta : Graha Ilmu. 2003.

T.Sutojo,S.Si.,M.Kom, Edy Mulyanto, S.Si., M.Kom, Dr.Vincent Suhartono,“Kecerdasan Buatan” Yogyakarta : Andi. 2011.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.