APLIKASI PENANDA DIGITAL (WATERMARKING) FILE VIDEO DENGAN METODE LAST SIGNIFICANT BIT (LSB) IMPLEMETASI : JAVA PROGRAMMING

Nurul Aini

Abstract


Kemudahan duplikasi pada produk video menjadi  masalah lain dalam distirbusi produk video, yang  memicu terjadi saling klaim kepemilikan terhadap  produk video tersebut. Dibutuhkan sebuah teknologi  autentifikasi untuk permasalahan di atas yang  memungkinkan terjadi saling klaim produk multimedia  yang telah didistribusikan dan digunakan oleh pihak  lain. Dibutuhkan sebuah perangkat lunak yang bisa  menjadi sebagai bukti autentikasi terhadap karya cipta  digital apabila terjadi klaim oleh pihak lain. Metode  yang digunakan adalah dengan memanfaatkan bit – bit  yang tidak berpengaruh signifikan terhadap data digital.

Teknik ini dikenal dengan metode Least Significant Bit  yang memiliki keunggulan utama yaitu tidak berubahnya  kapasitas dari file penampung setelah dilakukan  penyisipan[9] dan tidak berubahnya kualitas video  penampung secara signifikan. Adapun hasil dari  penelitian ini berupa perangkat lunak yang dapat  melakukan penyisipan file citra/teks ke dalam file video  dan mengekstraksi kembali file citra/teks tersebut serta  kemampuan aplikasi untuk memodifikasi ukuran  citra/teks yang melebihi kapasitas syarat penyisipan.  Dan menguji kemampuan aplikasi dalam menampung  berbagai jenis file citra/teks.  


Full Text:

PDF

References


Rinaldi Munir , “Kriptografi“ ,Diktat, Informatika Bandung 2006

Sutoyo ,“Pengelolaan Citra Digital”, Andi Offset, Yogyakarta 2009.

I Nyoman Piarsa dan I Made Ady Dharmadi, “Implementasi Watermarking Pada Suara Digital Dengan Metode Data Echo Hiding” ,Jurnal vol 9 no.2, Universitas Udayana Bali 2010.

Jafilun, “Digital Watermarking Pada Domain Spasial Menggunakan Teknik Least Significant Bit” Jurnal Seminar Nasional Sistem dan Informatika, Bali 2006.

Dean Fathony Alfatwa, “Watermarking Pada Citra Digital Menggunakan Discrete Wavelet Transform”, Institut Teknologi Bandung.

Fitriani , “Implementasi Digital Watermarking Pada File Audio Dengan Menggunakan Metode Phase Coding” Universitas Sumatra Utara 2011.

Ria Septianingsih, “Implementasi watermarking pada citra digital menggunakan metode LSB” Universitas Gunadarma 2010.

Bistok D.L, Irfan S, Dan Andi T ,“Perancangan algoritma audio watermarking dan pengukuran

Nurul Aini “Penggunaan Citra Digital Sebagai Identitas”, Konfrensi Nasional Ilmu Komputer, Makassar 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.