APLIKASI BERBASIS WEB DENGAN MENGGUNAKAN PUSTAKA JAVASCRIPT FABRICJS UNTUK PEMBUATAN KOMIK STRIP PUNAKAWAN

Raka Yusuf, Gilang Widi Darmawan

Abstract


Komik strip adalah komik pendek yang terdiri beberapa panel, dan biasanya mengandung humor dalam ceritanya. Punakawan adalah istilah yang digunakan untuk karakter yang ada dalam pewayangan. dan merupakan salah satu kebudayaan asli Indonesia, khususnya kebudayaan Jawa. Upaya untuk pelestarian kebudayaan ini dirasa masih cenderung kurang.

Punakawan, komik strip, dan teknologi, merupakan perpaduan yang baik untuk menarik minat masyarakat ikut serta dalam pengembangan pendidikan dan pelestarian kebudayaan tokoh pewayangan Indonesia dengan cara yang baru. Aplikasi pembuat komik strip punakawan ini merupakan salah satu alternatif yang dirancang untuk menyelesaikan permasalahan pelestarian kebudayaan tersebut.

Aplikasi ini bertujuan untuk membantu masyarakat dalam membuat dan menceritakan lakon wayang punakawan dengan medium berupa komik strip tanpa harus mempunyai keahlian khusus dalam hal menggambar. Aplikasi yang dibuat berbasis web dengan memanfaatkan elemen canvas pada HTML5 dan pustaka JavaScript yaitu FabricJS. Fitur-fitur yang ada antara lain memasukkan, mengubah, dan menghapus objek. Keluaran yang dihasilkan oleh aplikasi ini adalah konversi canvas ke dokumen dengan ekstensi (dot) png atau (dot) pdf. Meskipun hasil konversi dan cetak kurang bagus, aplikasi ini bisa menjadi alternatif dalam pembuatan komik dan pelestarian budaya.


Full Text:

PDF

References


Kenneth E. Kendall., Jullie E. Kendall. 2003. Systems Analysis and Design. Fifth Edition. Dialihbahasakan oleh Thamir Abdul Hafed Al-Hamdany, B.Sc, M.Sc dalam buku Analisa dan Perancangan Sistem Jilid 1. Jakarta: Prenhallindo.

Shelly, Cashman, and Vermant (2009). Computing and Productivity Software Lab Manual Custom Edition. Thomson Course Technology.

McCloud, Scott. 1993. Understanding Comics. New York: HarperCollins Publisher, Inc. Maharsi, Indiria. 2010. Komik Dunia Kreatif Tanpa Batas. Yogyakarta: Kata Buku.

Saraceni, Mario. 2003. The Language of Comics. Psychology Press.

http://www.seasite.niu.edu/Indonesian/Wayang/contents/De faultpage.htm. Akses April 2015.

Iqbal, M., Husni, M., & Studiawan, H. 2012. Implementasi Klien SIP Berbasis Web Menggunakan HTML5 dan Node.js. JURNAL TEKNIK ITS.

Fulton, Steve, and Jeff Fulton. HTML5 Canvas. O’Reilly Media, 2011.

http://www.fabricjs.com. Akses Februari 2015

A.S, Rosa dan Shalahuddin, M. 2011. Model Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek). Bandung: Modula.

Jogiyanto, H.M. 2001. Analisis dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Andi Offset. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.