PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KEUANGAN PADA PT PITA TRANS LINE (PIPOSS)

Aprizal Aprizal

Abstract


PT PITA Trans Line (PIPOSS) merupakan salah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelayanan transportasi yang menangani berbagai hal yang berkaitan dengan transportasi seperti penjualan tiket, pengiriman barang, serta hal lain yang berkaitan dengan layanan transportasi. Oleh sebab itu PT PITA Trans Line (PIPOSS) memiliki beberapa data yang membutuhkan pengolahan yang berbasis komputerisasi sehingga informasi yang dihasilkan bisa lebih maksimal. Salah hal yang membutuhkan pengolahan data secara komputerisasi adalah data keuangan dimana data keuangan merupakan salah satu asset yang sangat penting yang membutuhkan proses pengolahan data yang baik. Namun kenyataannya proses pengolahan data keuangan pada PT PITA Trans Line (PIPOSS) masih dilakukan dengan pencatatan pada sebuah buku sehingga sering terjadi kesalahan pada proses komputasi atau perhitungan, proses pencarian data serta proses pembuatan laporan masih membutuhkan waktu yang cukup lama. Pada penelitian ini akan dirancang sebuah sistem informasi yang dapat digunakan oleh PT PITA Trans Line (PIPOSS) dalam mengolah data keuangan sehingga informasi yang dihasilkan lebih maksimal.. Hasil dari penelitian ini menjukkan bahwa penggunaan sistem informasi pengolahan data keuangan yang dapat memberi kemudahan dalam proses pengolahan data sehingga meminimalkan kesalahan pada proses perhitungan serta memudahkan dalam melakukan proses pencarian data dan pembuatan laporan keuangan dengan lebih cepat. 


Full Text:

PDF

References


Fahmi, Irham. Analisis Kinerja Keuangan. Alfabeta. Bandung, 2012.

Husein Fakri Muh, Amin Wibowo, ”Konsep Sistem Informasi”, Informatika, Bandung, 2008.

Husni I Pohan, “Membuat Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web dengan PHP dan MySQL” , Gava Media, Yogyakarta, 2011.

Jogiyanto HM, “Analisis dan Desain Sistem Informasi; Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis”, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Jogiyanto HM, “Sistem Teknologi Informasi; Pendekatan Terintegrasi Konsep Dasar, Teknologi, Aplikasi, Pengembangan dan Pengelolaan”, Andi, Yogyakarta, 2011

Jogiyanto HM, “Tutunan Praktis Membangun Sistem Informasi Akuntansi”, Andi Offset, Yogyakarta, 2011.

Jumingan, ”Analisis Laporan Keuangan”, Bumi Aksara, Jakarta, 2010.

Myers Glen.Roger S.Pressman, “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi” (Buku satu), Andi Offset, Yogyakarta., 2009


Refbacks

  • There are currently no refbacks.