SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN PRIORITAS PENGEMBANGAN INDUSTRI KECIL DAN MENENGAH DI LAMPUNG TENGAH MENGGUNAKAN ANALITICAL HIERARCHY PROCESS (AHP)

Heri Nurdiyanto, Heryanita Meilia

Abstract


Sistem Pendukung Keputusan (SPK) adalah sistem yang dibangun untuk menyelesaikan berbagai masalah yang bersifat manajerial perusahaan yang dirancang untuk mengembangkan efektivitas dan produktivitas para manajer untuk menyelesaikan masalah dengan bantuan teknologi komputer. Industri usaha kecil menengah (IKM) di kabupaten Lampung Tengah belum berkembang secara optimal, salah satu sebabnya adalah finansial. Solusinya adalah menyeleksi IKM yang sesuai untuk mengembangkan industri tersebut. Metode yang digunakan yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yang dapat mengambil keputusan secara ilmiah dan rasional untuk memberikan solusi terhadap masalah kriteria yang kompleks dalam berbagai alternatif. Perhitungan AHP menggunakan 5 kriteria, yaitu tenaga kerja, investasi, kapasitas produksi, nilai produksi, dan bahan baku. Selain itu, metode AHP juga menghitung 5 intensitas yaitu sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Perhitungan dilakukan dengan mengalikan nilai prioritas kriteria dengan nilai intensitas yang bersesuaian. Hasil akhir menunjukkan bahwa metode AHP berhasil diterapkan pada Aplikasi Penentuan Prioritas Pengembangan IKM.  


Full Text:

PDF

References


Kementerian Koperasi dan UKM.2012. Perkembangan Data Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) Dan Usaha Besar (UB)Tahun 2011 – 2012. 12 Maret 2015. http://www.depkop.go.id/phocadownload/data_umkm/sandingan_ data_umkm_2011-2012.pdf.

Kosasi, Sandy. 2002. Sistem Penunjang Keputusan (Decision Support System). Pontianak

Menteri Perindustrian Republik Indonesia. 2006. Peraturan Pemerintah, Pembinaan dan Pengembangan Usaha Kecil Nomor 37/M-IND/PER/6/2006 tentang Pengembangan Jasa Konsultansi Industri Kecil dan Menengah (IKM). Jakarta.

Turban, Efraim, et al. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey : Pearson Education.

Saaty, T.L. 2008. Decision making with the analytic hierarchy process. University of Pittsburgh: USA.

Suryadi, K. dan M.Ali Ramdhani. 2010. Sistem Pendukung Keputusan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.