PERANCANGAN APLIKASI PENDUKUNG TOURING BERBASIS CONTEXTUAL AWARENESS

Majid Rahardi, Lukito Edi Nugroho, Ridi Ferdiana

Abstract


Touring merupakan aktivitas berkendara secara bersama-sama dari suatu tempat menuju tempat yang lain. Komunitas touring juga semakin banyak, namun masih banyak permasalahan yang ditemukan saat melakukan aktivitas touring tersebut, salah satunya adalah komunikasi antara member touring. Pada era teknologi saat ini sangat dimungkinkan dibangun sistem aplikasi pendukung touring. Pada paper ini akan membahas implementasi metode KNearest Neighbour pada perancangan aplikasi pendukung touring berbasis mobile serta memiliki sifat contextual awareness. Adapun aplikasi yang dibangun adalah berbasis sistem operasi android. contextual awareness adalah dimana sistem yang dibangun tersebut nantinya dapat memiliki kepekaan terhadap lingkungannya tanpa inputan langsung dari pengguna sistem. Dengan demikian aplikasi touring yang dirancang adalah seluruh anggota yang akan melaksanakan aktifitas touring akan terhubung didalam satu sistem aplikasi android. Sehingga dengan menerapkan metode K-Nearest Neighbour dan bantuan Teknologi Global Positioning System (GPS) maka ketika ada anggota touring yang tertinggal jauh atau salah jalur, sistem akan mengklasifikasi anggota touring tersebut sebagai kelompok yang tertinggal dari anggota lainnya atau salah jalur. Kemudian Sistem akan memberikan notifikasi alarm kepada seluruh anggota touring.


Full Text:

PDF

References


StatCounter, "Guinness Enterprise Centre", Taylor's Lane, [Online]. Available : http://statcounter.com/ [Diakses : 5 November 2015]

Bharati,J.Mani et al, Advancement in Mobile Communication using Android, International Journal of Computer Applications,vol.1, no.7,pp:95-98, 2010.

Sang Mulyawan, Arief Budiman., Perancangan Aplikasi Pembelajaran Tentang Tindak Pidana Korupsi Berbasis Mobile. In Seminar SENTIKA Yogyakarta, 2013. pp. 48

Mulyadi, Membuat Aplikasi Untuk Android. Yogyakarta : Multimedia Center Publishing. 2010.

Tryfos, Peter. "Chapter 15: Cluster analysis." Methods for Business Analysis and Forecasting: Text & Cases,. sl: Wiley (1998).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.