PERANCANGAN SISTEM PAKAR APLIKASI PENCARIAN RUMAH MAKAN BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING

Febri Arga Pratama, Bima Dipayana, Amalia Rizqi Mukaromah

Abstract


Rumah makan adalah tempat usaha komersial yang ruang lingkup kegiatannya menyediakan hidangan dan minuman. Banyaknya rumah makan yang terdapat disetiap daerah membuat sebagian masyarakat atau pendatang baru kesulitan dalam menentukan rumah makan sesuai keinginan. Salah satu solusi yang dapat digunakan adalah membangun sebuah sistem pakar yang membantu dalam menentukan rumah makan. Dengan seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat menciptakan banyak sekali sistem operasi yang diaplikasikan pada smartphone berbasis platform yang beragam. Tingginya tingkat pertumbuhan teknologi membuat banyak aplikasi pada smartphone diciptakan untuk memudahkan user dalam berbagai kebutuhan. Oleh karena itu penulis ingin memberikan solusi bagaimana mencari keberadaan rumah makan menggunakan media smarphone berbasis Android. Pada implementasi ini, metode pelacakan yang digunakan adalah Forward Chaining, dimana pelacakan dimulai dari informasi masukan selanjutnya menggambarkan kesimpulan. Informasi yang dicari oleh aplikasi berdasarkan skala kriteria makanan yang diinginkan, alamat, jarak dan budget. Dengan aplikasi ini diharapkan mampu membantu user dalam mencari tempat makan terdekat dari lokasi user. Aplikasi ini cukup mudah digunakan, user cukup membuka aplikasi tersebut, kemudian menjawab beberapa pertanyaan yang ada, lalu user akan mengetahui informasi dan lokasi rumah makan yang terdekat dengan mengakses peta Google.


Full Text:

PDF

References


Kusrini, “Aplikasi Sistem Pakar, Menentukan Faktor KepastianPenguna Dengan Metode Kuantifikasi Pertanyan”, Yogyakarta:Andi Ofset, 2009. [2] P.M. Morse and H. Feshback, Methods of Theoretical Physic, New York: McGraw Hill, 1953.

Safat H, Nazrudin, “Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android Edisi Revisi”, Bandung : Informatika, 2012.

Randika, Yohanes Sangga, ”Pembangunan Sistem Pendukung Keputusan Pencarian Rumah Makan Menggunakan Metode KNearest Neigbor Berbasis Web”, 2013.

Yudho Yudhanto, Pramuditya Alfianto, “Aplikasi Android “Cari Dokter” Untuk Wilayah Surakarta”, Februari 2015.

Yulianto, Ade Setiadi, Imam Firmansyah, Ihsan Maulana, Dimas Asmoro, Haris Kamal, “Model Sistem Pakar Diagnosa Hama Tanaman Padi Untuk Memberikan Solusi Penanggulangan”, Februari 2015.

Abdul Sani Sembiring, “Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Dan Hama Tanaman Padi”, Medan :STMIK Budi Darma, vol 3, Maret, 2013


Refbacks

  • There are currently no refbacks.