PERANCANGAN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PEMILIHAN OBJEK WISATA DI GUNUNGKIDUL DENGAN ALGORITMA FORWARD CHAINING

Mihuandayani Mihuandayani, M. Zayyanar Ridho, Debby Arum Widyastuti

Abstract


Teknologi internet yang berkembang sangat pesat memudahkan setiap pengguna untuk mengakses informasi. Melalui internet kini dengan mudahnya segala informasi mudah didapatkan. Hal ini berkaitan dengan berbagai bidang informasi yang salah satunya tentang pariwisata. Banyaknya objek wisata yang ada khususnya di Gunungkidul membuat banyaknya pilihan dalam berwisata. Terdapat beberapa kriteria yang dipertimbangkan bagi calon pengunjung wisata dalam memilih sebuah lokasi wisata seperti faktor keindahan,cuaca, jarak, fasilitas dan biaya. Oleh karena itu, penulis ingin membuat suatu sistem pendukung keputusan untuk pemilihan objek wisata di Gunungkidul sebagai salah satu solusi dari pencarian objek wisata yang sesuai dengan keinginan calon pengunjung wisata. Algoritma yang digunakan dalam Sistem pengambilan keputusan ini yaitu Algoritma forward chaining. Calon pengunjung cukup menginputkan kriteria-kriteria objek wisata yang diinginkan dalam sistem aplikasi kemudian calon pengunjung akan mendapatkan informasi objek wisata dan rekomendasi lokasi objek wisata di Gunungkidul yang sesuai dengan keinginan. Selain itu, sistem ini berbasis web untuk memberikan kemudahan akses dengan memanfaatkan teknologi komputer yang terkoneksi internet.


Full Text:

PDF

References


Joseph C. Giarratano and Gary D. Riley. Expert Systems: Pinciples and Programming. Thomson, 2005.

Level Perdana, Didik Nugroho, Kustanto, “Sistem Pakar untuk Diagnosis Penyakit Ginjal dengan Metode Forward Chaining”, 2013.

Benyamin Jago Belalawe, M. Suyanto, Amir Fatah Sofyan, “Penentuan Jalur Wisata Terpendek Menggunakan Metode Forward Chaining (Studi Kasus Dinas Pariwisata Kota Kupang)”, 2012.

Diana Laily Fithri dan Noor Latifah. 2012. Sistem Pendukung Keputusan untuk Pemberian Bantuan Usaha Mikro Dengan Metode Simple Additive Weighting. Majalah Ilmiah INFORMATIKA Vol.3 No. 2, Mei 2012.

Singh, S. P., Sharma, J. & Singh, P., 2011. A Web-Based Tourist Decision Support System for Agra City. International Journal of Instrumentation, Control & Automation (IJICA), 1(1).

Hartini, Sri; Iswanti, Sari. 2008. Sistem Pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vitari, A. & Hasibuan, M. S., 2010. Sistem Penunjang Keputusan Penerimaan Beasiswa Menggunakan Metode AHP. Konferensi Nasional Sistem dan Informatika.

Turban, Efraim. 2005. Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas. Yogyakarta: Andi.

Surbakti, Irfan. 2002. Sistem Pendukung Keputusan (Decision Support System).Surabaya: Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh November.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.