PENGENDALIAN PERSEDIAAN BARANG DENGAN PENDEKATAN PERIODIC REVIEW DAN ADAPTIVE RESPOSE RATE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING DI ARTA SWALAYAN KEDIRI

Teguh Andriyanto

Abstract


Dalam Supply Chain Management setiap stage dalam supply chain seringkali mengalami kesulitan untuk menentukan jumlah permintaan produk guna mengendalikan persediaan. Hal itu juga dialami oleh Arta swalayan dalam mengedalikan persediaan barang.
Dalam penelitian ini dikembangkan prorotipe aplikasi untuk menentukan jumlah barang dengan pendekatan periodic review yang ditandai dengan parameter tunggal yaitu Base-Stock Level. Peramalan permintaan barang menggunakan Adaptive Respose Rate Single Exponential Smoothing (ARRSES).
Hasil pengujian peramalan dengan ukuran relatif statistik menghasilkan MAPE 32,53% atau memiliki kekuratan 67,46%. Sedangkan pengujian menggunakan tracking signal menunjukkan terdapat satu buah data yang berada diluar batas-batas pengendalian.

Full Text:

PDF

References


Simchi-Levi, D., Kaminsky, P., Simchi-Levi, 2014,A.,Designing and Managing The Supply Chain Third Edition. McGraw-Hill, 2000.

Buchmeister, B., Friscic, D. and Palcic, I., Bullwhip Effect Study in A Constrained Supply Chain, 24th Daaam Int. Symp.

Intell. Manuf. Autom. 2013 69, 63–71,

Wang, Q., A Periodic-Review Inventory Control Policy for a Two-Level Supply Chain With Multiple Retailers and Stochastic Demand, Eur. J. Oper. Res. 230, 53–62, 2013.

Susanti, N. and Sahli, M., Penerapan Metode Exponential Smoothing Dalam Sistem Informasi Pengendalian Persediaan Bahan Baku (Studi Kasus Toko Tirta Harum), J. Simetris 3, 2013.

Anggraini, H., Thesis, Sistem Pemantau Distribusi Stok Menggunakan Pendekatan Continous Review dan Metode Single Exponential Smoothing, Ilmu Komputer FMIPA Universitas Gadjah Mada, 2014.

Makridakis, S., Wheelwright, S.C., McGee, V.E., Metode dan Aplikasi Peramalan, Erlangga, 1995.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.