SISTEM INFORMASI PENGIDENTIFIKASIAN JENIS BARANG DENGAN METODE KLASIFIKASI ABC STUDI KASUS : CV SULUNG JAYA

Marlindawati Marlindawati, Dudi Aprilian

Abstract


CV Sulung Jaya merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam penjualan berbagai jenis kayu. Terdapat lebih kurang 20 jenis kayu yang dijual, diantaranya kayu Gelam, Jabon, Jati, Meranti, Ulin, dan lain-lain. Selama ini, CV Sulung Jaya dalam melakukan pendataan kayu, seperti pencatatan data transaksi masih menggunakan paket Microsoft Office yaitu Microsoft Excell. Hal ini menimbulkan masalah , aiantaranya pada pendataan persediaan kayu sering mengalami penumpukan dan kekurangan pesediaan karena belum adanya system yang dapat mengidentifikasikan jenis kayu yang paling diminati. Selain itu pencairan informasi tidak cepat dan lambat dalam pembuatan laporan. Untuk mengatasinya, diperlukan menganalisa historical data dalam melakukan perencanaan kebutuhan barang dimasa yang akan datang menggunakan metode klasifikasi ABC. Dengan metode klasifikasi ABC ini, maka kita akan mendapatkan informasi mengenai jenis kayu yang paling diminati atau yang termasuk kedalam kelompok fast moving. Hasil penelitian ini adalah dalam bentuk aplikasi pemrograman Web (PHP) yang dibuat untuk membantu pengelolaan persediaan dan penjualan yang selama ini belum diterapkan di CV Sulung Jaya.


Full Text:

PDF

References


Gaspersz, Vincent, Statistical Process Control, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1998

Grant, Eugene L, dan Leavenworth, Richard S. – Kandahjaya, Hudaya, Pengendalian Mutu Statustik, 5 th Edition, Erlangga, Jakarta, 1988.

Presman, Roger.S. , Web Engineering a practitioner’s approach (fifth edition), McGraw-Hill, 2001

Sutardi, Ahman, Pareto Plus. Mahasiswa Tidak Memble Siap Ambil Alih Kekuasaan Nasional. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2010


Refbacks

  • There are currently no refbacks.