RANCANG BANGUN APLIKASI ESTIMASI RAKIT PANEL LISTRIK SEBAGAI EFEKTIFITAS DAN EFISIENSI KERJA (Studi Kasus: PT. YMP)

Meta Amalya Dewi, Ega Yulianti, Maulida Maulida, Linda Hafiladina

Abstract


Semakin meningkatnya mobilitas manusia, kebutuhan akan tenaga listrik terus bertambah setiap harinya. Manfaat yang diperoleh masyarakat sangat besar dengan adanya tenaga listrik, bahkan saat ini seluruh aktivitas terutama dalam dunia bisnis menggunakan tenaga listrik. Estimasi merupakan salah satu kegiatan yang penting bagi perusahan perakitan panel listirk. Dimana estimasi sebagai proses awal yang harus dolakukan untuk menangani suatu proyek. PT Yokomindo Makmur Perkasa (PT. YMP) sebagai perusahaan perakitan panel listrik dalam proses bisnisnya belum sepenuhnya menggunakan teknologi informasi sehingga sering terjadi kendala dalam pelayanan terhadap konsumen yang kurang maksimal, karena lamban dalam memberikan penawaran harga dengan perhitungan setimasi yang kurang akurat. Sementara eksistensi bisnis dapat dilihat dari jumlah order yang diterima oleh perusahaan, maka semakin meningkatnya jumlah order dan omset yang masuk. Sehingga aktivitas pun meningkat dalam memenuhi kebutuhan pasar dan memberikan pelayanan yang terbaik. Aktivitas bisnis akan berjalan dengan baik apabila mendapat dukungan penuh dari teknologi informasi, dengan memanfaatkan teknologi informasi pekerjaan menjadi mudah dan lancar. Oleh karena itu diperlukan tools berupa aplikasi estimasi rakit panel listrik berbasis web yang akan mewujudkan efektifitas dan efisiensi bagi perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif, analisa objek dan rancangan menggunakan diagram unified modeling language. Hasil dari penilitian ini berupa rancangan aplikasi sistem informasi estimasi rakit panel listrik.


Full Text:

PDF

References


Mustakini, Hartono Jogiyanto, (2001), Analisa Desain dan Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori bisnis dan Praktek Aplikasi bisnis, Ed 2, Cet 2, Andi Offset, Yogyakarta.

http://www.indoglobalweb.com/?action=news&ad=05 , (diakses pada tanggal 23 April 2013 : 20.00 wib)

Dina Mariana, (2009), : Analisa Sistem Estimasi Harga Jual Panel Listrik Pada PT. YMP, Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang

Siti Sumbulwati, (2007), : Perancangan Sistem Estimasi Biaya Perbaikan Kendaraan Pada PT. Paja Raya Motor, Perguruan Tinggi Raharja, Tangerang

Henderi. (2008). Unified Modeling Language (UML): Konsep dan Implementasinya Pada Pemodelan Sistem Berorientasi Objek dan Visual.

Nugroho, Adi. (2010). Analisis Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Object. Bandung: Informatika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.