PENERAPAN BLUE OCEAN STRATEGY DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PENDIDIKAN KESEHATAN DI PROPINSI BENGKULU (STUDI KASUS POLITEKNIK KESEHATAN BENGKULU)

Sarkawi Sarkawi, Bambang Soedijono W, Emha Taufik Luthfi

Abstract


Tingginya persaingan perguruan tinggi kesehatan khususnya di Propinsi Bengkulu, membutuhkan strategi bisnis agar mampu bertahan, berperan, tumbuh dan berkembang. Dalam menjalankan strategi bisnisnya, organisasi termasuk perguruan tinggi perlu didukung dengan pemanfaatan IT agar lebih cepat dan terarah dalam mencapai visi dan misi organisasi tesebut. Perencanaan dan implementasi SI/TI yang berkaitan dengan strategi bisnis masih kurang diterapkan oleh organisasi yang disebabkan oleh kurangnya kemampuan SDM dalam memahami peran SI/TI dalam organisasi. Diferensiasi dan inovasi produk perlu diciptakan agar calon mahasiswa memiliki kesempatan untuk memilih produk yang diinginkannya. Banyak calon konsumen potensial tidak dapat menikmati pendidikan di Poltekes Bengkulu karena produk yang ditawarkan terbatas. Penerapan strategi bisnis dan strategi informasi harus bersinergi dengan baik sehingga menjadi kunci dalam pencapaian tujuan organisasi.Apabila peluang tersebut didahului oleh kompetitor, maka pada masa mendatang dominasi Poltekkes Kemenkes Bengkulu sebagai leader market dapat digantikan oleh perguruan tinggi yang lain. Model strategi bisnis yang dibahas menggunakan SWOT dan Blue Ocean Strategy (BOS). Sementara untuk strategi informasi menggunakan Critical Succes Factor (CSF) dan Value Chain. Hasil penelitian berupa strategi bisnis dan strategi informasi agar lembaga dapat masuk ke dalam samudera biru (Blue Ocean Strategy)yang dapat menciptakan market sendiri sehingga dapat memenangkan persaingan karena tidak ada pesaing. Aplikasi portofolio dipetakan kedalam McFarlan Portofolio terdiri dari SI Key Operasional, SI Support, Strategic dan Hight Potential.


Full Text:

PDF

References


Kim, W. Chan Mauborgne, R.. Blue Ocean Strategy, How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant, Harvard Business School Press, Boston Massachusetts 2005.

Mazhaly, N., D, D. U., & Moengin, P.. Penerapan Blue Ocean Strategy di PT. X Dalam Menghadapi Persaingan Penjualan Automatic Tank Gauging di Indonesia, Jurnal Teknik Industri, Magister Teknik Industri, Tri Sakti, ISSN:1411-6340, 241–254. 2014.

Sunarto, A., & Hasibuan, Z. A. Model Perencanaan Strategis Sistem Informasi Pada Industri Penyiaran Televisi Dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy dan Balanced Scorecard. Jurnal Sistem Informasi MTI - UI, 3 No. 2. Oktober 2007

Wedhasmara, A. Langkah-Langkah Perencanaan Strategis Sistem Informasi Dengan Menggunakan Metode Ward and Peppard. Jurnal Sistem Informasi (JSI), ISSN: 2085-1588, Vol. 1, No. 1, April 2009:


Refbacks

  • There are currently no refbacks.