PENGGUNAAN METODE TOPSIS DALAM RANCANGAN SISTEM PENUNJANG KEPUTUSAN UNTUK MENENTUKAN LOKASI USAHA BARU (Studi Kasus : ARENA DISC Yogyakarta)

Mohammad Adiwisanghagni

Abstract


Dalam membuat rencana bisnis untuk memperluas pemasaran, pemilihan lokasi usaha adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan. Lokasi strategis menjadi salah satu faktor penting dan sangat menentukan keberhasilan suatu usaha. Banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih lokasi, sebagai salah satu faktor mendasar, yang sangat berpengaruh pada penghasilan dan biaya, baik biaya tetap maupun biaya variabel. Pasar sebagai salah satu unit bisnis juga memerlukan lokasi strategis dalam proses penentuannya. Tak jarang, aset ekonomi sangat disesuaikan dengan keberadaan konsumen yang mendominasi lokasi tersebut. Tak hanya aspek konsumen, aspek jangkauan atau akses juga menjadi pertimbangan ketika suatu aset ekonomi hendak dirintis. Metode yang digunakan untuk Sistem Pendukung Keputusan dalam menentukan lokasi adalah dengan menggunakan metode Technique Order Preference by Similarity To Ideal Solution (TOPSIS). Metode ini dipilih karena mampu memilih alternatif terbaik dari sejumlah alternatif, dalam hal ini alternatif yang dimaksud adalah lokasi terbaik berdasarkan kriteria-kriteria yang ditentukan. Hasil dari proses pengimplementasian metode dan TOPSIS dapat mengurutkan alternatif dari nilai yang terbesar ke nilai yang terkecil.  


Full Text:

PDF

References


Nurcahyono, D., 2009, Aplikasi Technique For Order Preference By Similar Ideal Solution (Topsis) Dalam Pemilihan Supplier, Junal Eksis, VOL. 1 Nomor 2

Imbar, R.V., Hartanto, B.S., 2011, Aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia dengan Fitur DSS Menggunakan Metode Topsis pada PT. X, Jurnal Informatika, Vol. 7, No. 2,125-144

Indriyati, 2010, Pemilihan Dosen Berprestasi Dengan Metode Topsis, Jurnal Masyarakat Informatika, Vol 1, No 2

Kadarsah S, 1998, Sistem Pendukung Keputusan, Jakarta.

Ashtiani, B., Haghighirad, F., Makui, A., Montazer, G.A., 2008, Extension of Fuzzy TOPSIS Method Based on Interval-valued Fuzzy Sets. Applied Soft Computing. Vol. 9, No.2, 457-461

Yoon, K.P dan Hwang, C.L, 1995, Multiple attribute decision making; An Introduction, Sage Publications, United States of America.

Nasab, H.H., Milani, A.S., 2012, An Improvement of Quantitative Strategic Planning Matrix Using Multiple Criteria Decision Making and Fuzzy Numbers. Applied Soft Computing 12, 2246- 2253.

Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., Wardoyo, R., 2006. Fuzzy Multi-Atribut Decision Making (Fuzzy MADM), Yogyakarta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.