APLIKASI ELEKTRONIK BRAILLE MENGGUNAKAN PERANGKAT LAYAR SENTUH BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI PENYANDANG TUNA NETRA

Muhammad Fauzan, Abdurrahman Jundullah, Syara Zhuhriyami, Mahmud Dwi Sulistiyo, Gandeva Bayu Satrya

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak orang berkebutuhan khusus mengalami kesulitan dalam hal penggunaan teknologi tersebut. Orang-orang disabilitas khususnyatunanetra mengalami kesulitan dalam penggunaan device atau media untuk mengirim pesan. Seperti penggunaan touchscreen device yang saat ini merupakan salah satu teknologi yang ada pada berbagai device seperti smartphone, tablet ataupun gadget serta bentuk qwerty keyboard yang pada umumnya digunakan pada device-device tersebut. Dengan adanya masalah dalam penggunaan device atau media tersebut, penderita tunanetra lebih memilih untuk langsung bertemu ataupun telepon dibandingkan dengan mengirim pesan. Untuk mengurangi kesulitan tersebut, kami membuat sebuah aplikasi yang diberi nama ”EBraille”. E-braille merupakan suatu aplikasi mobile menggunakan touchscreen device yang membantu penderita tunanetra dalam berkomunikasi dengan orang di sekitarnya. Tujuan dari e-braille ini adalah pengguna dapat mengirimkan pesan atau SMS dengan keyboard 6 tombol berdasarkan huruf braille.


Full Text:

PDF

References


Anonim. [2013, Januari 23]. Aplikasi MBraille di Iphone. Tersedia: https://itunes.apple.com/us/app/mbraille/id639199558?mt=8. [2014, Februari 16].

Anonim. [2014]. How To Work With Swipe Gestures in Android. Tersedia: http://mrbool.com/how-to-work-with-swipe-gestures-inandroid/ 28088. [02 April 2014].

Fowler, Martin. [2005]. UML Distilled 3th Ed, Panduang Singkat Bahasa Pemodelan Objek Standar. Penerbit Andi: Yogyakarta.

Tarsidi, Didi. [2008, Juni 24]. Sistem tulisan braile [Online]. Tersedia: http://d-tarsidi.blogspot.com/2008/06/sistem-tulisanbraille. html. [3 Juli 2014].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.