ANALISA PENGAWASAN STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN CLUSTERING K-MEANS SEBAGAI BAHAN EVALUASI AKADEMIK
Abstract
Proses pembelajaran mahasiswa terkadang mengalami pasang surut dari segi kualitas. Hal ini tentu dapat dipengaruhi banyak hal seperti faktor kemampuan intelektual masing-masing atau bisa juga faktor lingkungan sehingga membuat prestasi akademik dapat menurun drastis. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus bagi civitas akademika sebagai penyelenggara pendidikan . Pada penulisan ini, penulis akan menganalisa proses studi mahasiswa berdasarkan prosentase kehadiran dan nilai kompetensi dari program studi masing-masing menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Clustering K-Means. Hasil akhir yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah informasi pengetahuan tentang mahasiswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus berdasarkan nilai kompetensi dan kehadiran mahasiswa..
Full Text:
PDFReferences
Prasetyo Eko, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Gresik: Andi Offset, 2012.
Kusumadewi Sri, S.Hartati, H. Agus, W. Retantyo, Fuzzy Multi- Attribute Decission Making (Fuzzy Madm), Yokyakarta: Graha Ilmu, 2006.
A. Yudi, "K-Means-Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkain", Jurnal Sistem dan Informatika, vol 3, pp.47-60, Peruari 2007.
Admin, “Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Perhitungan Contoh Kasus”, April 23, 2013. [Online]. Tersedia : http://kroseva.wordpress.com/2013/04/23/analytic-hierarchyprocess- ahp-dan-perhitungan-contoh-kasus-ahp/ [Diakses 12 November 2013]
Admin, “Mengenal Metode AHP (Disertai Studi Kasus Pemilihan Mahasiswa Terbaik)”, Mei 22, 2013. [Online]. Tersedia : http://funpreuner.blogspot.com/2012/02/mengenal-metode-ahpdisertai- studi.html [Diakses 12 November 2013]
Refbacks
- There are currently no refbacks.