ANALISA PENGAWASAN STUDI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE ANALYTIC HIERARCHY PROCESS (AHP) DAN CLUSTERING K-MEANS SEBAGAI BAHAN EVALUASI AKADEMIK

Haryansyah Haryansyah, Endyk Novianto, Eviana Tjatur Putri

Abstract


Proses pembelajaran mahasiswa terkadang mengalami pasang surut dari segi kualitas. Hal ini tentu dapat dipengaruhi banyak hal seperti faktor kemampuan intelektual masing-masing atau bisa juga faktor lingkungan sehingga membuat prestasi akademik dapat menurun drastis. Hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus bagi civitas akademika sebagai penyelenggara pendidikan . Pada penulisan ini, penulis akan menganalisa proses studi mahasiswa berdasarkan prosentase kehadiran dan nilai kompetensi dari program studi masing-masing menggunakan Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Clustering K-Means. Hasil akhir yang ingin didapatkan dari penelitian ini adalah informasi pengetahuan tentang mahasiswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus berdasarkan nilai kompetensi dan kehadiran mahasiswa..


Full Text:

PDF

References


Prasetyo Eko, Data Mining Konsep dan Aplikasi Menggunakan Matlab, Gresik: Andi Offset, 2012.

Kusumadewi Sri, S.Hartati, H. Agus, W. Retantyo, Fuzzy Multi- Attribute Decission Making (Fuzzy Madm), Yokyakarta: Graha Ilmu, 2006.

A. Yudi, "K-Means-Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkain", Jurnal Sistem dan Informatika, vol 3, pp.47-60, Peruari 2007.

Admin, “Analytic Hierarchy Process (AHP) dan Perhitungan Contoh Kasus”, April 23, 2013. [Online]. Tersedia : http://kroseva.wordpress.com/2013/04/23/analytic-hierarchyprocess- ahp-dan-perhitungan-contoh-kasus-ahp/ [Diakses 12 November 2013]

Admin, “Mengenal Metode AHP (Disertai Studi Kasus Pemilihan Mahasiswa Terbaik)”, Mei 22, 2013. [Online]. Tersedia : http://funpreuner.blogspot.com/2012/02/mengenal-metode-ahpdisertai- studi.html [Diakses 12 November 2013]


Refbacks

  • There are currently no refbacks.