Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality Untuk Membantu Proses Belajar Dan Mengajar Anak-anak

Mulia Sulistiyono, Andi Sunyoto, Muhammad Adli Zul Hazmi

Abstract


Salah satu upaya untuk mewujudkan masyarakan yang berkualitas yaitu dengan adanya pendidikan. Pendidikan dapat dilakukan sejak dini, dimana masa usia dini yang dimulai sejak lahir hingga berumur eman tahun merupakan masa dimana anak peka dan sensitif utuk menerima berbagai rangsangan. Salah satu jalur pendidikan adalah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang mengutamakan ke arah pertumbuhan dan perkembangan. KBRA Khoiru Ummah yang berlokasi di Getas Tlogoadi Mlati Sleman merupakan salah satu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang dalam pembelajarannya masih menggunakan ilustrasi statis khususnya untuk media pembelajaran pengenalan benda disekitar sekolah. Sehingga anak kurang mampu menangkap pelajaran dengan baik. Augmented Reality merupakan suatu teknologi yang menggabungkan antara dunia nyata dengan dunia maya. Teknologi yang cepat berkembang memungkinkan untuk diterapkan pada berbagai bidang serta sarana promosi atau informasi. Perkembangan ini didukung karena teknologi Augmented Reality mampu memberikan tampilan visual dalam bentuk objek 2D dan 3D. Aplikasi dengan teknologi Augmented Reality yang dibuat ini akan digunakan pada smartphone berbasis android. Aplikasi ini dibuat untuk menampilkan visual 3D dan menyampaikan informasi benda disekitar sekolah. Aplikasi ini memerlukan kamera pada smartphone yang berguna untuk memindai objek tertentu, yang nantinya akan dimunculkan sebuah gambaran visual 3D. Hasil dari pengabdian ini diharapkan dapat menunjukkan bahwa augmented reality yang diimplementasikan dengan objek 3D mengenai pengenalan benda disekitar seolah mampu meningkatkan semangat belajar siswa dan proses belajar berjalan lebih efektif dimasa pandemi ini.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.