PELATIHAN MANAJEMEN KELAS DARING UNTUK GURU SMK ISLAM MOYUDAN YOGYAKARTA DI MASA PANDEMI COVID-19

Rizqi Sukma Kharisma

Abstract


Covid-19 atau Corona berdampak pada berbagai lini kehidupan, baik bidang sosial ekonomi dan juga bidang pendidikan. Dengan adanya kebijakan social distance dari pemerintah memaksa masyarakat untuk tidak berkumpul untuk mencegah penyebaran Covid-19 ini. Akibatnya banyak sekolah yang kemudian memindahkan proses belajar mengajar dari sekolah menjadi di rumah. Kebijakan yang sangat mendadak ini berdampak kepada ada kualitas belajar mengajar karena kurangnya persiapan dan pengetahuan baik dari guru maupun siswa. Salah satu sekolah yang terdampak atas kebijakan social distance ini adalah SMK Islam Moyudan Sleman. Sekolah ini menerapkan kebijakan proses belajar mengajar di rumah. Namun para guru belum dapat memaksimalkan fasilitas teknologi untuk kegiatan proses belajar mengajar jarak jauh. Proses manajemen kelas yang sangat terbatas hanya menggunakan media WhatsApp dan email mengakibatkan kualitas belajar mengajar menjadi rendah. Banyak guru yang mengeluhkan free space handphonenya yang penuh karena banyak menerima video tugas dari murid, atau murid yang mengeluhkan proses belajar mengajar yang hanya bersifat tugas. Dalam pengabdian ini pengabdi akan melakukan pelatihan penggunaan Google Classroom sebagai media manajemen kelas daring. Selain itu dalam pengabdian ini akan dilakukan pelatihan penggunaan Google Meet untuk tatap muka kelas daring dari guru ke murid. Dalam pengabdian ini juga dilakukan pelatihan penggunaan Google Drive untuk manajemen data dan materi pengajaran bagi guru. Diharapkan dalam pelatihan ini para guru dapat memanajemen kelas daring secara lebih maksimal dengan menggunakan media-media daring yang ada, sehingga kualitas proses belajar mengajar akan tetap maksimal.

Full Text:

PDF

References


12 April 2020. [Online]. Available: https://covid19.go.id/tanya-jawab.

ROKOM, 1 Juli 2020. [Online]. Available: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/umum/20200701/1934261/menkes-serahkan-santunan-bagi-8-tenaga-mediswafat-wilayah-jakarta-jawa-barat/.

C. Sun and Z. Zhai , "The efficacy of social distance and ventilation effectiveness in preventing COVID-19 transmission," Sustainable Cities and Society, 2020.

R. H. S. Aji, "Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses

Pembelajaran," Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, pp. 395-402, 2020.

p. w. kemdikbud, 12 Maret 2020. [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/sikapi-covid19-kemendikbud-terbitkan-dua-surat-edaran.

A. Brock, Introduction to Google Classroom, Berkeley: Ulysses Press, 2020.

C. Collins, How to Use Google Meet: Guide for Parents, USA: Independently Published, 2020.

F. Fauziyah and M. Rinayanti, Cara Praktis Menggunakan Google Classroom, Sleman: CV Budi Utama, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.