PELATIHAN DAKWAH DIGITAL BAGI PARA DA’I JAM’IYYAH MUBALLIGHIN SUNAN PANDANARAN (JAMUSPA) MUDA DI YOGYAKARTA

Zahrotus Saidah, Sri Mulyani Majid

Abstract


Proyek pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan akademis kepada para da'i muda yang tergabung dalam komunitas Jam'iyyah Muballighin Sunan Pandanaran (JAMUSPA) di Yogyakarta dalam meningkatkan kualitas sekaligus mengoptimalisasikan dakwah para da'i muda tersebut. Dalam pelatihan ini, para da'i muda tersebut nantinya akan diberikan beberapa materi berupa metode dan strategi dalam menjalankan aktivitas dakwah melalui media dan teknologi. Selain itu, beberapa model pelatihan nanti juga akan disampaikan secara beragam, seperti pelatihan dalam optimalisasi dakwah di media sosial, pelatihan dakwah via media cetak, seperti booklet dan leaflet, serta pelatihan dakwah dalam plaltform audio-visual. Diharapkan setelah mengikuti pelatihan ini, para da'i muda JAMUSPA dapat mengoptimalkan teknologi untuk berdakwah terutama di masa pandemi saat ini yang secara tidak langsung menuntut masyarakat untuk memanfaatkan teknologi dalam beraktifitas. Dengan melihat kebutuhan dan tujuan pelatihan tersebut, maka pengabdian ini nantinya direncanakan dilakukan secara hybrid; daring dilakukan dengan mengadakan pelatihan sekaligus pendampingan secara berkala sesuai jadwal dalam melaksanakan dakwah melalui media digital, sedangkan luring dilakukan di awal pengabdian dengan mengunjungi kantor komunitas tersebut sekaligus beberapa pengurus. Proses pelatihan dilakukan secara terjadwal dan berkala, yakni dilakukan sebanyak tiga kali pelatihan termasuk sosialisasi awal.

Full Text:

PDF

References


Adisaputera, A., Hadi, W., & Hutagalung, T. (2018). Pembinaan kemampuan menulis puisi di padepokan iqro desa kolam kecamatan percut sei tuan kabupaten deli serdang. JPKM: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(04), 175–180.

Arta, K. S. (2018). Pelatihan Penulisan Artikel Untuk Publikasi di Jurnal Ilmiah untuk Meningkatkan Profesionalisme bagi Guru – Guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. Seminar Nasional Hukum Dan Ilmu Sosial Ke-2, 5, 146–159.

Ashfiyah, A., & Muthohar, A. H. (Eds.). (2019). Arsip Mts Salafiyah 2 Menganti Gresik (1st ed.). Yayasan Salafiyah.

Casmudi, & Pratama, R. A. (2019). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Remaja bagi Siswa/I SMA/Sederajat di Kecamatan Muara Jawa, Kabupaten Kutai Kartanegara. Abdimas Universal, 1(1),1–5.

Hasbi, H., Rukhvianti, N., & Gunawan, H. (2020). Pembinaan Motivasi Belajar Siswa Menggunakan Metode ARCS. EDimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 254–259. https://doi.org/10.26877/edimas.v11i3.5653

Martiningsih, R. (2018). Pelatihan Penulisan KTI Sebagai Wujud Kesadaran Pentingnya Publikasi Ilmiah. Pena.Belajar.Kemdikbud.Go.Id. http://pena.belajar.kemdikbud.go.id/2018/08/pentingnya-publikasi-ilmiah/

Mujiwati, E. S., Permana, E. P., & Sahari, S. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Untuk Guru Sekolah Dasar Pada Anggota Gugus 1 Kecamatan Ringinrejo. Jurnal Abdinus, 1(1), 53–68.

Setyawan, D., & Gusdian, R. I. (2020). Penguatan Habitus Literasi: Sebuah Cara Pendampingan Tim Literasi Sekolah (TLS). E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 299–306. https://doi.org/10.26877/edimas.v11i3.4263


Refbacks

  • There are currently no refbacks.