APLIKASI MOBILE SMART EDU-ECON SEBAGAI PENGEMBANGAN TEKNIK MENGAJAR PADA PELAJARAN EKONOMI KELAS X

Yuli Astuti, Angga Arindra Shonta, Irma Rofni Wulandari, Wiwi Widayani, Erni Seniwati

Abstract


Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) belum sepenuhnya dilakukan secara offline tetapi masih menggunakan sistem blanded learning dengan menggabungkan sistem online dan offline. Pada saat pembelajaran online terdapat beberapa masalah selain menurunnya motivasi belajar juga borosnya kuota internet yang dirasakan siswa pada umumnya, selain itu juga banyak terkendala dengan sinyal karena perubahan cuaca. Oleh sebab itu pihak sekolah harus menyiapkan segala cara agar proses KBM tetap berjalan dengan semaksimal mungkin. Salah satu cara yang diambil sekolah adalah dengan membuatkan aplikasi KBM mata pelajaran Ekonomi pada kelas X berbasis Android Mobile dengan nama Smart Edu-Econ dengan harapan bisa menjadi alternatif solusi untuk membantu siswa belajar di rumah karena aplikasi ini tidak membutuhkan kuota internet setelah didownload pada handphone, selain itu guru juga bisa memberikan lebih banyak materi dan latihan soal atau kuis pada aplikasi tersebut. Aplikasi ini terbagi dalam dua pengguna yaitu guru sebagai admin dan siswa sebagai user, dengan adanya aplikasi ini diharapkan bisa dijadikan modifikasi proses KBM khususnya mata pelajaran Ekonomi pada kelas X SMA Negeri 1 Turi karena bisa diakses dengan baik oleh segala perangkat mobile dan memiliki kemampuan untuk media penyampaian materi ekonomi yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Full Text:

PDF

References


R. P. & Y. Fitriani, “Analisa Pemanfaatan Tehnologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Junal Of Information System, Applied, Management, ( Accounting and Researh). Vol, 4 No.2.,” Anal. Pemanfaat. Tehnol. Inf. Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Teng. Pandemi Virus Corona Covid-19. Junal Inf. Syst. Applied, Manag. ( Account. Researh). Vol, 4 No.2., vol. 4, no. 2, pp. 30–36, 2020.

Ainur Risalah, W Ibad, L Maghfiroh, M I Azza, S A Cahyani, and Z A Ulfayati, “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di MI/SD (Studi KBM Berbasis Daring Bagi Guru dan Siswa),” JIEES J. Islam. Educ. Elem. Sch., vol. 1, no. 1, pp. 10–16, 2020, doi: 10.47400/jiees.v1i1.5.

A. Jaelani, H. Fauzi, H. Aisah, and Q. Y. Zaqiyah, “PENGGUNAAN MEDIA ONLINE DALAM PROSES KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR PAI DIMASA PANDEMI COVID-19 (Studi Pustaka dan Observasi Online),” J. IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, vol. 8, no. 1, p. 12, 2020, doi: 10.36841/pgsdunars.v8i1.579.

E. Pujiasih, “Membangun Generasi Emas Dengan Variasi Pembelajaran Online Di Masa Pandemi Covid-19,” Ideguru J. Karya Ilm. Guru, vol. 5, no. 1, pp. 42–48, 2020, doi: 10.51169/ideguru.v5i1.136.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.