PENGENALAN TEKNOLOGI MONITORING KEGUGUPAN PADA LEMBAGA PELATIHAN KOMUNIKASI

Wahyu Sukestyastama Putra

Abstract


Seseorang pasti pernah mengalami kondisi psikologis seperti rasa percaya diri yang kurang, cemas, gugup dan sebagainya. Banyak sekali pelatihan pelatihan yang menawarkan jasa untuk mengurangi atau mengatasi masalah tersebut. Mitra pada kegiatan ini merupakan salah satu lembaga yang melayani pelatihan tersebut. Meski mitra telah beroperasi sekitar 3 tahun, mitra masih belum memiliki teknologi untuk mengukur kepercayaan diri/ kecemasan seseorang secara real time. Kondisi ini perlu diukur, karena untuk memastikan bahwa layanan yang diberikan telah sesuai dengan yang telah dijanjikan yaitu membantu client mengatasi rasa cemas dan kepercayaan diri. Saat berdiskusi dengan mitra, mitra menyatakan bahwa pengukuran level percaya diri dan kecemasan masih dilakukan sebatas dengan kuesioner yang diisi oleh peserta. Untuk membantu menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh mitra, Pengusul menawarkan bantuan IPTEK kepada mitra berupa teknologi untuk memonitor tingkat kegugupan seseorang secara real time. Teknologi ini terdiri dari sistem sensor biofeedback, sistem processor dan sistem Log data. Dengan adanya bantuan iptek ini diharapkan akan membantu mitra dalam memberikan pelayanan kepada client sehingga akan meningkatkan kepuasan pengguna. Dari kegiatan yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa mitra mengalami kenaikan omzet sampai dengan 30 %.

Full Text:

PDF

References


L. I. Minjia, X. I. E. Lun, W. Zhiliang, and R. E. N. Fuji, “Emotion and cognitive reappraisal based on GSR wearable sensor,” ZTE Commun., 2020.

R. A. Pratama, I. A. Bangsa, and ..., “Implementasi Sensor Detak Jantung MAX30100 dan Sensor Konduktansi Kulit GSR menggunakan Mikrokontroller Arduino Pada Alat Pendeteksi Tingkat Stress,” J. Ilm. …, 2021.

S. K. Panigrahy, S. K. Jena, and A. K. Turuk, “Study and analysis of human stress detection using galvanic skin response (GSR) sensor in wired and wireless environments,” Research Journal of Pharmacy …. rjptonline.org, 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.