PEMANFAATAN INSTAGRAM ADS SEBAGAI SOLUSI STRATEGI MARKETING ONLINE UNTUK UMKM (ALEMBANA COFFEE)

Wahyu Kristian Natalia

Abstract


UMKM merupakan salah satu kekuatan perekonomian nasional. Di masa pandemi Covid-19, UKM menjadi sektor yang paling rentan terkena dampak, terutama sisi pemasarandan penjualan produk. UMKM Alembana Coffee adalah usaha yang bergerak di bidang foodand baverages. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk membantu masalah yang dihadapi Alembana Coffee. Solusi yang ditawarkan dalam kegiatan ini adalah menerapkan digital marketing menggunakan Instagram Ads. Instagram merupakan salah satu aplikasi yang cukup digemari oleh anak muda, harapannya optimalisasi instagram bisa dilakukan oleh Alembana coffee supaya kenaikan omzet dapat meningkat. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah terdiri dari pembentukan tim kegiatan, melakukan analisis, implementasi kegiatan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah pelatihan optimalisasi instagram untuk promosi bisnis. Program pengabdian masyarakat ini sebagai wujud peduli terhadap permasalahan UMKM agar tetap bisa beradaptasi di masa sulit ini.

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2020). Ekonomi Indonesia Triwulan II 2020 Turun 5,32 Persen. Retrieved from https://www.bps.go.id/website/materi_ind/materiBrsInd-20200805114633.pdf

Fitriyani, I. (2020). Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Social Sciences and Humanities, 1(2), 87 95. https://doi.org/https://doi.org/10.15797/concom.2019..23.009

Hadi, S., dan S. (2020). Revitalization Strategy for Small and Medium Enterprises after Corona Virus Disease Pandemic (Covid-19) in Yogyakarta.

Xi’an Jianzhu Keji Daxue Xuebao/Journal of Xi’an University of Architecture & Technolog, 12 (4), 4068–4076. https://doi.org/https://www.researchgate.net/deref/http%3A%2%2Fdx.doi.org%2F10.37896%2FJXAT12.04%2F1149

Kementerian Keuangan Republik Indonesia. (2020). Press Conference; Langkah Penguatan Perlindungan Sosial Dan Stimulus Ekonomi Menghadapi Dampak Covid-19. Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/media/14790/materi-konferensi-pers-1-april-2020.pdf

Rani Ummi Fadila. (2020). 1.785 Koperasi dan 163.713 UMKM Terdampak Pandemi Covid-19. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/pr-01379615/1785-koperasi-dan-163713-umkm-terdampak-pandemi-covid-19

Rudi., Cepi. (2009). Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Slamet, R., Nainggolan, B., & Ramdani, H. (2016). Development Strategy Of Digital Start Up To. 136 –147.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.