PERENCANAAN USAHA YANG BERBASIS EKONOMI KREATIF BAGI KELOMPOK MILENIAL

Tanti Prita Hapsari

Abstract


Generasi milenial memiliki peran yang besar untuk mengangkat perekonomian suatu daerah atau negara. Generasi milenial menjadi ujung tombak dalam ekonomi kreatif. Akan tetapi berdasarkan kondisi yang ditemui di lapangan masih ditemukan beberapa generasi milenial yang belum berani mengambil keputusan berwirausaha karena beberapa faktor. Oleh karena itu perlu dilakukan pendekatan dan dibuat solusi agar masalah tersebut dapat diatasi. Perencanaan usaha yang berbasis ekonomi kreatif bagi kelompok milenial diharapkan dapat mencetak kelompok milenial yang siap dan kompeten dalam berbisnis di era ekonomi kreatif. Kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2021. Generasi milenial dibimbing dan didampingi untuk menyusun sebuah perencanaan bisnis kreatif dan dilakukan coaching setelah pelatihan berakhir. Berdasarkan pada hasil evaluasi akhir diketahui bahwa peserta pelatihan memiliki kemampuan dalam menganalisa kelayakan usaha dan mampu menyusun rencana bisnis kreatif. Bisnis kreatif yang banyak diminati oleh peserta adalah dalam bidang fashion. Hal ini disebabkan karena bisnis fashion merupakan salah satu bisnis kreatif yang potensial dan menjanjikan dimana mereka dapat menuangkan segala kreativitasnya melalui produk yang dihasilkan.

Full Text:

PDF

References


Deloitte Indonesia Perspectives, 2019, “Generasi Milenial dalam Industri 4.0: Berkah Bagi Sumber Daya Manusia Indonesia atau Ancaman?,” Edisi Pertama.

Lembaga Pengabdian Masyarakat, 2018, “Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta,” Universitas Amikom Yogyakarta.

Muharram, Yusril dkk., 2019, “Perkembangan Ekonomi Kreatif dalam Generasi Milenial,” ReseachGate.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.