GERAKAN BIJAK BERSOSIAL MEDIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI RT 05 KUJONSARI

Sannya Pestari Dewi, Ulul Azmiyati, Akbar Stallyno

Abstract


Kondisi darurat Covid-19 saat ini memicu beragam respon dan informasi yang tersebar di media sosial. Informasi bergerak cepat bersamaan atas kurangnya literasi dari penerimanya terhadap informasi tersebut. Hal tersebut tergambar pada kondisi yang terjadi di kalangan ibu-ibu PKK RT 05 Kujonsari. Kemudahan akses informasi dan penyebarannya mengakibatkan tersebarnya informasi tanpa filter dikalangan ibu-ibu, khususnya di grup-grup Whatsapp. Pada akhirnya, informasi tanpa kebenaran tersebut membangun stigma terhadap kondisi covid-19 di Kujonsari RT 05, sehingga situasi covid-19 dan penyintasnya ditanggapi dengan kurang bijaksana di wilayah ini. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membantu ibu-ibu di RT 05 Kujonsari mendapat pengetahuan tentang penyaringan informasi terkait situasi pandemi Covid-19 dan meningkatkan kesadaran untuk memilih informasi yang akan disebarkan melalui platform sosial medianya. Metode pengabdian masyarakat yang digunakan adalah metode participation action research (PAR). Kegiatan dilakukan secara daring dikarenakan situasi PPKM di wilayah ini, segala aktivitas dilakukan secara terbatas. Setelah adanya pemberian pengetahuan kepada ibu-ibu PKK RT 05 Kujonsari akan terbentuk suatu gerakan kampanye anti-Hoax di kalangan ibu-ibu ini dengan menunjuk satu kader dari gerakan ini. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK di RT 05 Kujonsari mulai menyaring informasi yang disebar luaskan melalui grup-grup Whatsapp dengan tidak mengirim pesan-pesan yang tidak bersumber serta mulai menambahkan kegiatan anak di rumah dengan mengedukasi terkait literasi media melalui permainan ular tangga.

Full Text:

PDF

References


Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), 4 April 2019, Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia, diakses dihttps://web.kominfo.go.id/sites/defa ult/files/Laporan%20Survei%20APTII201 7 v1.3.pdf

Juditha. Christiany, 2019, Literasi Informasi Melawan Hoaks Bidang Kesehatan di Komunitas Online,Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol.16, No.1.

Viska, Kominfo Mencatat Sebanyak 1.028Hoaks Tersebar terkait COVID19, Agutus 2020, diakses dihttps://kominfo.go.id/content/detail/28536/kominfo-mencatatsebanyak1028-hoaks-tersebarterkait-covid- 19/0/sorotan_media

Rochadiani, T. H., Santoso, H., & Dazki, E. (2020). Peningkatan Literasi Digital Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 11-21.

Asnawi, N., & Setyaningsih, N. D. (2021).MENINGKATKAN PEREKONOMIAN MASYARAKAT MELALUI KOPERASI SYARIAH:PENDEKATAN PARTICIPATORY ACTION RESEARCH. Khidmatuna: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 124-143.

Rahmat, A., & Mirnawati, M. (2020). Model Participation Action Research Dalam Pemberdayaan Masyarakat. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal,6(1), 62-71.

Afandi, A. (2020). Participatory Action Research (PAR) Metodologi Alternatif Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat Transformatif. In Workshop Pengabdian Berbasis Riset di LP2M UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Muhtarom, A. (2019). Participation Action Research dalam Membangun Kesadaran Pendidikan Anak di Lingkungan Perkampungan Transisi Kota. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 18(2), 259-278.

Rakhman, M. A., & Haryadi, H. (2021). WORKSHOP LITERASI DIGITAL DALAM RANGKA PENINGKATAN PARTISIPASI PEMBANGUNAN SAAT PANDEMI DI DESA PEMATANG JERING, KABUPATEN MUARA JAMBI. Kumawula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 191-199.

Sutrisna, I. P. G. (2020). Gerakan literasi digital pada masa pandemic covid-19. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 8(2), 269-283.

Prihatini, M., & Muhid, A. (2021). Literasi Digital terhadap Perilaku Penggunaan Internet Berkonten Islam di Kalangan Remaja Muslim Kota. Journal An-Nafs: Kajian Penelitian Psikologi, 6(1), 23-40.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.