PELATIHAN STRATEGI DIGITAL MARKETING PADA UKM PUKIS KLATEN

Ria Andriani, Ahmad Sa’di

Abstract


Tantangan yang sering dihadapi oleh UKM atau Usaha Kecil Menengah ditengah pandemi covid19 ini tidak hanya tentang bagaimana produk yang di hasilkan, akan tetapi juga tentang bagaiamana strategi pemasaran setelah produk tersebut dibuat agar dapat bersaing dengan produk-produk yang sudah ada. Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk memasarkan sebuah produk baik secara offline maupun online. Mengingat masyarakat saat ini sebagaian besar sudah melek akan teknologi informasi, tidak sedikit para pelaku UKM melakukan pemasaran secara online. selain dikarenakan teknologi, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap aktivitas belanja secara online juga semakin meningkat. Pelaku UKM harus merancang strategi pemasaran secara online agar produknya lebih dikenal masyarakat. Sehingga perlu adanya pendampingan kepada UKM oleh beberapa praktisi untuk meningkatkan pengetahuan tentang Strategi Digital Marketing sehingga produk yang dihasilkan mudah dikenal oleh masyarakat serta dapat meningkatkan omset penjualan.

PUKLA merupakan salah satu UKM yang bergerak dibidang kuliner yang terletak di Jl. Dewi Sartika No.25 Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. UKM ini memproduksi jajanan pasar yang terdiri dari Pukis dan beraneka macam jenang. Persoalan yang dihadapi saat ini adalah UKM ini masih memasarkan produknya secara konvensional dan hanya menggunakan Whatsapp dimana akses informasi dari platform ini sangat terbatas jangkauannya tergantung jumlah kontak dari pemilik akun tersebut. Padahal dengan kemajuan teknologi saat ini kegiatan promosi dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai platform yang bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk membantu persoalan tersebut maka dilakukan pelatihan tentang Digital Marketing untuk UKM PUKLA


Full Text:

PDF

References


https://www.kompasiana.com/novnovita/5af682fdf1334425da070442/perkembanganukmdan-permasalahannya?page=all (Di akses tanggal 05 April 2021)

https://www.ukmindonesia.id/bacaartikel/62 (Diakses tanggal 7 April 2021)

https://www.niagahoster.co.id/blog/content-creator-adalah/ (Diakses pada tanggal 07 April 2021)

Ryan, D. (2014). Understanding Digital Marketing. Great Britain: Kogan Page Limited.

Merisavo, M. (2006). The Effects Of Digital Mark ting Communic tion On Customer Loyalty: An Integrative Model And Research Propositions. Helsinki School Of Economics Working Paper.

Donio, J., Massari, P., & Passiante, G. (2006). Customer Satisfaction And Loyalty In A Digital Environment: En Empirical Test. Journal Of Consumer Marketing, Vol. 23, No. 7, 445-457.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.