STRATEGI BRANDING DAN INSTAGRAM MARKETING UNTUK MENINGKATKAN BRAND AWARENESS PADA AZKA ROTI

Rakhma Shafrida Kurnia

Abstract


Selama pandemi Covid-19, sektor UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak. Dampak yang sama terjadi pada usaha bakery bernama Azka Roti yang melayani pemesanan kue untuk acara hajatan dan pernikahan. Pembatasan sosial dan tidak diperbolehkannya kerumunan membuat calon pelanggan menunda untuk melangsungkan acara yang mengakibatkan penurunan pemesanan pada Azka Roti. Selama ini Azka Roti hanya berfokus pada produksi yang dilanjutkan dengan promosi secara konvensional. Pelaku UMKM seharusnya menyadari bahwa branding adalah aset penting bagi kelangsungan bisnis karena apabila terlalu berorientasi pada produk, akan mudah sekali ditiru oleh kompetitor. Oleh karena itu brand menjadi salah satu faktor pertimbangan untuk membeli suatu produk barang atau jasa. Produk dengan brand yang direncanakan dengan baik, didesain secara menarik dan dikomunikasikan secara tepat akan meningkatkan kesadaran dan pengetahuan orang akan brand tersebut sehingga dapat meningkatkan minat beli. Oleh karena itu, pada program ini akan dilakukan strategi branding dan Instagram marketing untuk meningkatkan brand awareness pada Azka Roti. Luaran dari kegiatan ini yaitu berupa desain brand visual identity yang akan diimplementasikan pada produk serta Toko Azka Roti, akun Instagram beserta konten yang sudah terjadwal, dan website landing page sebagai katalog online yang menyampaikan informasi tentang Produk Azka Roti serta salah satu jalur komunikasi kepada owner.

Full Text:

PDF

References


D. Irawan and M. W. Affan, 2020, Pendampingan Branding Dan Packaging Umkm Ikatan Pengusaha Aisyiyah Di Kota Malang, J. Pengabdi. Dan Peningkatan Mutu Masy., vol. 1, no. 1, pp. 32–36

U. Wahid and A. E. Puspita, 2017, Upaya Peningkatkan Brand Awareness PT. Go-Jek Indonesia Melalui Aktivitas Marketing Public Relations, J. Komun., vol. 9, no. 1, p. 31.

Sutrasmawati, R.E., 2016. Pengaruh brand awareness dan brand image terhadap keputusan pembelian. Management Analysis Journal, 5(4).

C. K. Emerita, H. Aryanto, dan A. Christianna, 2019, Perancangan Media Promosi Untuk Produk Fashion Dari Bahan Limbah Kayu Jati Bojonegoro, Jurnal DKV Adiwarna, vol. 1, no. 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.