MENGGALAKKAN KEGIATAN PENGHIJAUAN AKTIFITAS BERKEBUN TANAMAN HIAS DI MASA PANDEMI

Prasetyo Febriarto, Rezki Satris

Abstract


Masalah yang terdapat dilokasi kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu, potensi aktivitas berkebun tanaman hias sudah ada dan terlihat tetapi belum sepenuhnya optimal, keterbatasan bibit tanaman dan motivasi dan semangat berkebun tanaman hias belum sepenuhnya optimal. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini bersama mitra mentransfer ilmu, memberikan pemahaman dengan penyuluhan, berpraktik, berkebun tanaman hias. Metode pelaksanaan abdimas ada 2, metode pertama yaitu kegiatan persiapan merupakan observasi awal yaitu Tim dosen Abdimas menghubungi, untuk diskusi dan konsultasi serta survey dengan Mitra yaitu Bu Mudjiatun selaku ketua Kelompok Wanita Tani “LARAS AGRO”. Metode kedua yaitu, pelaksanaan kegiatan dimana Tim dosen Abdimas dan mitra melakukan persiapan lokasi dan perlengkapan yang sudah disepakati dengan menerapkan protokol kesehatan seperti pembatasan peserta. Kemudian melakukan mendokumentasikan berupa foto-foto dan perekaman dengan kamera. Pelaksanaannya ada pemberi materi atau penyuluh memberikan demo atau contoh bertanam, memupuk, merawat, menyirami tanaman hias. Hasil yang diperoleh yaitu, kegiatan penyuluhan dan praktik dihadiri oleh mitra dan peserta yang terbatas menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan tersebut berupa langkahlangkah tata cara menanam mulai dari membuat lubang tanam, menanam, memupuk dan pemeliharaannya. Kesimpulan yaitu dengan adanya kegiatan abdimas ini diharapkan motivasi dan semangat berkebun tanaman hias sepenuhnya optimal dan terdapat pemahaman, kesadaran lebih akan potensi berkebun tanaman hias.

Full Text:

PDF

References


A. M. Hery Setyobudiarso, Endro Yuwono, “Kegiatan Penghijauan Di Pesisir Watu Later Dusun Rawatrate, Desa Sitiarjo, Kabupaten Malang,” J. Apl. Dan Inov. Ipteks Soliditas, Vol. 3, No. 2, 2020.

M. L. H. D. Kehutanan And R. Indonesia, “Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.105/Menlhk/Setjen/Kum.1/12/2018 Tentang Tata Cara Pelaksanaan, Kegiatan Pendukung, Pemberian Insentif, Serta Pembinaan Dan Pengendalian Kegiatan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan.” [Online]. Available: Http://Jdih.Menlhk.Co.Id/Uploads/Files/P_105_2018_Tata_Cara_Rhl_Menlhk_07252019152147.Pdf.

Https://Www.Unilak.Ac.Id/, “Hobi Berkebun Meningkat Disaat Pandemi,

Dosen Unilak Beri Warga Ratusan Bibit Tanaman Produktif,” 2020. [Online]. Available: Https://Www.Unilak.Ac.Id/Berita/Detail/Hobi-Berkebun-Meningkat-Disaat-PandemiDosen-Unilak-Beri-Warga-Ratusan-BibitTanaman-Produktif.

W. Umi Trisnaningsih, Siti Wahyuni, “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Bibit Tanaman Hias Di Desa Gesik Kabupaten Cirebon,” Lppm - Univ. Muhammadiyah Purwokerto, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.