PENYULUHAN DESA WISATA ALAM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KAPASITAS WARGA DAN KUALITAS LINGKUNGAN DESA JONGGRANGAN

Nurizka Fidali

Abstract


Kabupaten Sleman kini telah menjadi salah satu destinasi kunjungan wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), yang menyimpan berbagai potensi wisata yang menarik. Salah satu daerah yang berpotensi menjadi tujuan wisata adalah desa Jonggrangan. Desa tersebut memiliki atraksi wisata selain panorama alam dan budaya, juga memiliki potensi sumber daya alam bambu. Desa Jonggrangan memiliki permasalahan yaitu kurangnya pengembangan perencanaan fasilitas wisata sebagai daerah wisata. Padahal sebagai desa wisata salah satu persyaratannya adalah memiliki dukungan masyarakat terhadap keberadaan desa wisatanya. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan meningkat pemahaman masyarakat dan sensitivitasnya terhadap lingkungan binaan (kawasan wisata). Metode yang digunakan adalah dengan Forum Group Discussion (FGD) dengan pemerintah kabupaten Sleman dan masyarakat Desa Wisata Jonggrangan dan Workshop. Luaran program ini berupa rancangan taman bunga sebagai fasilitas pelengkap dan buku panduan mengenai pemanfaatan material bambu.

Full Text:

PDF

References


Brahmantyo Budi. (2008). Warta Pariwisata Vol. 10 No. 2 Okt 2008, Pusat Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) ITB.

Fauzy, A., Putra, A. S. (2015). Pemetaan Lokasi Potensi Desa Wisata Di Kabupaten Sleman Tahun 2015. Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan.

Hadiwijoyo, S. S. (2012). Perencanaan pariwisata perdesaan berbasis masyarakat: Sebuah pendekatan konsep. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nuryanti, Wiendu. (1993). Concept, Perspective and Challenges, makalah bagian dari Laporan Konferensi Internasional mengenai Pariwisata Budaya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Sleman. (2010). Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Kabupaten Sleman Tahun 2010. http://www.slemankab.go.id/wpcontent/uploads/05.-Bab-1-09.pdf

diakses: Maret 2018.

Suryantini, Rini. (2001) Sign and Singnage System, Skripsi Arsitektur FTUI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.