PENGENALAN APLIKASI GOOGLE FORM DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH BAGI GURU DI SLB C WIYATA DHARMA 2 SLEMAN

Ninik Tri Hartanti

Abstract


Pandemi Covid 19 telah melanda di seluruh dunia termasuk Indonesia, sehingga hal ini memberikan dampak ke semua bagian dalam kehidupan manusia. Salah satu dampaknya adalah dalam bidang pendidikan, dari pendidikan dasar sampai dengan pendidikan tinggi. Berawal dari hal tersebut di atas, maka bidang pendidikan sangat perlu diperhatikan dalam hal penerapan sistem pembelajaran dan pengembangannya.

Pendididikan di sekolah luar biasa (SLB) menjadi perhatian khusus dalam hal sistem pembelajaran, karena dalam masa pandemi ini pendidik dituntut untuk lebih cepat beradaptasi dengan keadaan terkait dengan masa pandemi. Sistem pembelajaran di sekolah luar biasa (SLB) mengedepankan komunikasi antara guru dan siswa, serta harus ada kolaborasi antara guru dan orangtua. Kemampuan guru dalam bidang pengajaran sangat tidak diragukan lagi, akan tetapi di masa pandemi ini tidak hanya kemampuan dalam transfer knowledge tetapi kemampuan dalam hal teknologi yang menjembatani proses transfer knowledge tersebut juga diperlukan, sehingga diharapkan guru berusaha untuk lebih meningkatkan kemampuannya dalam bidang teknologi khususnya aplikasi yang akan digunakan. Salah satu aplikasi yang akan membantu guru dalam proses pembelajaran adalah aplikasi dari Google.

Melalui pelatihan penerapan aplikasi Google, diantaranya adalah Google Form, Google Sheet, Google Doc diharapkan dapat menambah wawasan dan keterampilan peserta dalam proses pembelajaran jarak jauh.


Full Text:

PDF

References


R. Hasan and M. Saptono, “Model , Strategi, Dan Metode Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ) Era Pandemi Covid-19 Di SLB Provinsi Kalimantan Tengah,” Pros. Webinar Nas. IAHN-TP Palangka Raya, no. 5, pp. 161–171, 2021.

S. Fathimah, S. Sidik, and R. Rahman, “Google Docs Sebagai Solusi Pengerjaan Tugas Kelompok Dalam Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid 19,” JISIP (Jurnal Ilmu Sos. dan Pendidikan), vol. 4, no.

, pp. 272–279, 2020, doi: 10.36312/jisip.v4i3.1207.

Y. Charolina and H. Honny, “Pemamfaatan Aplikasi Googleform Dalam Pembelajaran Bagi Guru Pada Masa Pandemi,” Paradig. - J. Komput. dan Inform., vol. 23, no. 1, 2021, doi: 10.31294/p.v23i1.10092.

Lina Wahyu Setya Utami, “PENGGUNAAN GOOGLE FORM DALAM EVALUASI HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MASA PANDEMI C0VID-19,” J. Inov. Kegur. dan Ilmu Pendidik., vol. 1, pp. 150–156, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.