PENGEMBANGAN STRATEGI PROMOSI PARIWISATA DESA LEDHOK BLOTAN MELALUI MEDIA SOSIAL

Monika Pretty Aprilia

Abstract


Ledhok Blotan berawal dari sebuah pedukuhan yang tidak nyaman dihuni oleh warganya karena drainase dan kebiasaan warganya yang gemar membuang sampah sembarangan. Pada 2018, pedukuhan yang terletak di Kelurahan Wedomartani ini mendapatkan bantuan dari pemerintah Kabupaten Sleman untuk memperbaiki infrastruktur termasuk penataan ruang terbuka yang kini menjadi tempat kesukaan warga Yogyakarta dan sekitarnya untuk rekreasi. Sepanjang enam bulan, tim pengusul yang terdiri dari satu orang dosen dan tiga orang mahasiswa akan mendampingi pengelola Ledhok Blotan untuk mengoptimalkan media sosial yang mereka miliki untuk promosi kepada warga Yogyakarta, sekaligus media kehumasan. Media sosial dipilih oleh tim pengusul karena strategi ini tidak memerlukan biaya tinggi. Hal lain yang menjadi pertimbangan tim pengusul adalah, di era digital seperti sekarang, informasi bisa disalurkan dengan menggunakan berbagai kanal yang ada.

Full Text:

PDF

References


Harian Jogja. (2019). Ledok Blotan: Satu Lagi Wisata Sungai di Sleman Jogja. https://jogya.com/ledok-blotan-satu-lagi-wisatasungai-di-sleman-jogja/

Oktaviani, W. F., & Fatchiya, A, 2019, Efektivitas Penggunaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata Umbul Ponggok, Kabupaten Klaten. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 17(1), p 13-27.

Sahabudin, Arfah, 2020, Tantangan Milenial di Desa Wisata Milenial. Tornare - Journal of Sustainable Tourism Research, Vol. 2, No. 1, Januari 2020: p 1 – 5.

Bastaman, A, 2020. Membangun “Village Branding”, Membangun Pariwisata Desa. https://gemari.id/gemari/2020/4/20/membangunvillage-branding-mengembangkan-pariwisatadesa, diakses 9 Juli 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.