PEMERDAYAAN REMAJA PUTRI UNTUK MENDORONG PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF DI DUSUN GEBANG KELURAHAN WEDOMARTANI

Jurni Hayati

Abstract


Tingginya tingkat pengangguran di Indonesia adalah sebuah masalah yang belum bisa terselesaikan, pada Agustus 2018 tingkat pengangguran terbuka di Indonesia mencapai 5,34 persen. Jumlah pengusaha di Indonesia masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang. Dari data tersebut menunjukkan bahwa jumlah pengangguran lebih banyak dari pada jumlah pengusaha, hal ini menjadi tantangan untuk bisa meningkatkan jumlah pengusaha sehingga pengangguran dapat berkurang. Remaja Putri Masjid Baitul Makmur adalah Remaja Putri di Dusun Gebang Kel. Wedomartani Kec. Ngemplak Kab. Sleman DIY yang berperan aktif dalam kegiatan Masjid Baitul Makmur. Remaja Putri Masjid Baitul Makmur dijadikan target peserta pelatihan dikarenakan mereka sudah melek teknologi mengingat pelatihan ini akan dilaksanakan secara online. Pelatihan yang akan diberikan kepada Remaja Putri masjid Baitul Makmur adalah pelatihan pembuatan konektor masker dan pemasaran konektor masker secara digital. Setelah mengikuti pelatihan Remaja Putri Masjid Baitul Makmur akan mempraktekkan pembuatan konektor masker di rumah masing-masing dan kemudian memasarkan konektor masker tersebut secara digital. Target luaran dari kegiatan ini adalah publikasi ilmiah prosiding, memperoleh HKI, serta dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan Remaja Putri Masjid Baitul Makmur.

Full Text:

PDF

References


Boyd, Harper W. dkk, 2000, Manajemen Pemasaran–Suatu Pendekatan Strategis Dengan Orientasi Global edisi 2 jilid 2, Erlangga, Jakarta.

BPS, 2019, Indonesia Dalam Angka, Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Chaffey, Dave, dkk, 2015, Internet Marketing: Strategy, Implementattion And Practice, Pearson Education Limited, London, England.

Downey, David, 2002, Manajemen pemanasaran. Edisi Kedua, Erlangga, Jakarta.

LPM Universitas Amikom Yogyakarta, 2019, Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta, Amikom, Yogyakarta.

Hartarto, Airlangga, 2018, Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Tertinggal Dari Singapura, Wartaekonomi. Diakses 25 Maret 2019. https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlah-pengusaha-indonesia-masih-tertinggal-darisingapura.html

Musbikin, Imam, 2006, Mendidik Anak Kreatif Ala Einstein, Mitra Pustaka, Yogyakarta.

Soesatyo, Bambang, 2018, Jumlah Wirausaha Indonesia Baru 3%, Kalah Dengan Malaysia hingga Singapura, okezone. Diakses 25 Maret 2019. https://economy.okezone.com/read/2018/03/08/320/1869496/jumlah-wirausaha-indonesia-baru-3-kalahdengan-malaysia-hingga-singapura

Wardhana, A. (2015). Strategi Digital Marketing dan Implikasinya pada Keunggulan Bersaing UKM di Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.