PELATIHAN PEMBUATAN VIDEO MENGGUNAKAN PREMIERE UNTUK PEMUDA PEMUDI KARANG TARUNA P3L DUSUN PANGGUNGAN LOR KALURAHAN TRIHANGGO

Ika Asti Astuti

Abstract


Adanya pandemic covid-19 yang terjadi di Indonesia memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap organisasi di kehidupan masyarakat, salah satunya yaitu karang taruna. Anggota karang taruna yang mayoritas adalah pemuda diharapkan dapat terus aktif dalam menjalankan tugas dan fungsinya dalam keadaan apapun. Kegiatan kepemudaan yang biasanya dapat dilakukan secara offline, dipaksa untuk menjadi sebuah agenda online yang tentunya dapat dilihat & diikuti oleh warga. Salah satu bentuk kegiatan yang dimaksud yaitu pelaksanaan agenda tirakatan untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia secara online. Solusi dari adanya masalah tersebut dapat dengan memanfaatkan media video. Adobe Premiere menjadi software yang banyak digunakan dalam ranah industry untuk melakukan editing video. Kegiatan pelatihan editing video menggunakan adobe premiere ini telah memberikan dampak kontribusi nyata pada peningkatan softskill peserta dan keberlangsungan program kerja karang taruna P3L dalam hal pelaksanaan agenda tirakatan pada Dusun Panggungan Lor Kalurahan Trihanggo.

Full Text:

PDF

References


“Video Editing.” https://suhu.c.id/pelatihan/video_editing.

S. H. Tri Jata Ayu Pramesti, “Dasar Hukum Karang Taruna,” 2014. https://www.hukumonline.com/klinik/detail/ulasan/lt52ef26d6b1e2e/dasar-hukum-karangtaruna/.

R. Wati, “PERATURAN MENTERI SOSIAL REPUBLIK INDONESIA NOMOR 25 TAHUN 2019 TENTANG KARANG TARUNA,” Αγαη, vol. 8, no. 5, p. 55, 2019, [Online]. Available: https://jdih.kemsos.go.id/pencarian/www/storage/document/PERMENSOS NOMOR 25 TAHUN 2019.pdf.

A. Akbar, “Efektifitas Youtube sebagai Media Penyebaran Informasi (Studi pada Serambi on TV),” Ef. YouTube sebagai Media Penyebaran Inf. (Studi pada Serambi TV, vol. 16, no. 02, pp. 1–112, 2018, [Online]. Available: https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/5845/4/Ali Akbar.pdf.

M. S. Hasibuan, “Tutorial OBS untuk Streaming Video,” 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.