DIGITAL MARKETING DAN BRAND AWERENESS UNTUK MENINGKATKAN PEMASARAN PADA JMKM

Ike Verawati

Abstract


UD. Jati Murni Karya Mandiri (JMKM) merupakan suatu unit usaha yang bergerak dalam bidang jual beli kayu jati, baik berupa kayu jati sebagai bahan mentah maupun produk hasil olahan kayu jati. Pada proses bisnisnya JMKM melayani pemesanan furniture rumah tangga, bahan kayu jati yang belum di olah serta melayani jasa pembuatan furniture. Kurangnya promosi mengakibatkan JMKM sulit untuk memasarkan produknya hingga keluar daerah. Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan pengamatan dan analisa lebih lanjut dalam membantu JMKM untuk memasarkan produk hingga keluar daerah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pemasaran produk JMKM hingga ke luar Kecamatan Parang. Selain itu pihak pengelola juga mengharapkan untuk dilakukan pelatihan pemanfaatan teknologi untuk melakukan pemasaran secara online dengan berbagai media sosial. Luaran yang akan diharapkan dari Pengabdian Kepada Masyarakat ini nantinya adalah untuk membantu JMKM dalam melakukan promosi, baik secara online maupun offline agar produk yang dijual dapat dikenal lebih luas dan dapat meningkatkan kepercayaan calon konsumen. Pengabdian Kepada Masyarakat yang akan dilakukan yaitu berupa pemberian pelatihan dan pendampingan dalam melakukan pemasaran secara online dan offline. Promosi online akan dilakukan dengan memanfaatkan media sosial, sedangkan untuk promosi secara offline akan dilakukan dengan pembuatan katalog produk pada JMKM

Full Text:

PDF

References


Sulaksono, Juli and Zakaria, Nizar,2020, “Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro dan Menengah(UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri”, Generation Jurnal, Volume 4 No.1,Januari

Kannan, P. K., & Hongshuang, L., 2016, “Digital Marketing: A Framework,Review and Research Agenda”, International Journal of Research inMarketing.

Nurpratama, Meddy and Anwar, Samsul, 2020, “ Penerapan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diKelurahan Karangmalang Kecamatan Indramayu Kabupaten Indramayu” , Jurnal Investasi, Vol.6 No.2, November.

Febriyantoro, Mohamad. T and Arisandi, Debby, 2018, “Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah pada Era Masyarakat Ekonomi Asean”, JMD: Jurnal Manajemen Dewantara, Vol 1 No 2, Desember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.