PELATIHAN SOCIOPRENEURSHIP TAHAP 2 DALAM RANGKA PENINGKATAN KAPASITAS KARANG TARUNA KAMPUNG BANARAN

Gardyas Bidari Adninda, Aditya Maulana Hasymi

Abstract


Kampung Banaran merupakan salah satu Kampung yang berada di wilayah administrasi Desa Sumberagung, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Kampung ini memiliki jumlah KK sekitar 100 orang dengan tingkat pendidikan yang kurang baik. Mayoritas penduduk merupakan tamatan SMA dan SMP.

Disisi lain, Kampung Banaran memiliki organisasi kepemudaan yang bernama Karang Taruna Bhakti Mandiri yang sudah berdiri sejak lama. Akan tetapi kondisi organisasi tersebut tidak berkembang dari tahun ke tahun. Padahal jika dilihat dari jumlah sumberdayanya, karang taruna ini memiliki anggota kurang lebih 60 orang dari tahun ke tahun. Anggota karang taruna sendiri memiliki keinginan besar untuk mengembangkan organisasi tersebut. Motivasi besar ini terlihat dari antusiasme setiap anggotanya dalam setiap kegiatan. Kondisi yang serba terbatas mengakibatkan mereka kesulitan untuk mendapatkan sumber belajar yang baik.

Dalam rangka memperbaiki kualitas Karang Taruna Bhakti Mandiri Kampung Banaran, dibuatlah program pengabdian masyarakat guna memberikan pelatihan berpikir kritis dan workshop keorganisasian supaya anggota masyarakat dapat mengelola organisasinya dengan lebih baik lagi.


Full Text:

PDF

References


Susanto, D. 2010. Strategi Peningkatan Kapasitas Modal Sosial dan Kualitas Sumberdaya Manusia Pendamping Pengembangan Masyarakat. Bogor : Jurnal Komunikasi Pembangunan.

Rahayu, Ana Budi. 2006. Pembangunan Perekonomian Nasional Melalui Pemberdayaan Masyarakat Desa. Diakses dari http://www.infodiknas.com/wpcontent/uploads/2014/12/PEMBANGUNANPEREKONOMIAN-NASIONAL-MELALUIPEMBERDAYAAN-MASYARAKATDESA.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.