PENERAPAN MODEL BISNIS KANVAS UNTUK PENGEMBANGAN USAHA OLSTORE MALIK SELAMA PANDEMI COVID-19

Fitri Juniwati Ayuningtyas

Abstract


Dinamika pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini banyak memberikan dampak yang cukup signifikan bagi hampir seluruh sektor, seperti ekonomi, bisnis, keuangan, kesehatan, serta sosial. Sektor yang paling terdampak akibat pandemi COVID-19 adalah sektor ekonomi, salah satunya bisnis bidang fesyen. Sepanjang kurun waktu 2020, industri fesyen terancam mengalami kebangkrutan sehingga membuat para pelaku industri mengubah strategi untuk tetap dapat bertahan. Solusinya adalah dengan beralih ke pemanfaatan teknologi digital guna mendorong penjualan melalui media sosial atau platform e-commerce. Media sosial sebagai salah satu media promosi menjadi sebuah terobosan baru yang dapat membantu dalam penjualan produk secara online. Kegiatan program pendampingan ditujukan kepada usaha online shop fesyen Olstore Malik. Usaha ini berdiri tepatnya pada tahun 2017 yang hanya dikelola oleh seorang ibu rumah tangga mulai dari melakukan packaging produk, promosi, mengelola administrasi dan keuangan, serta maintenance reseller. Selama pandemi COVID-19 usaha ini mengalami beberapa kendala diantaranya strategi pemasaran yang dilakukan belum mencapai target pelanggan, barang yang dijual masih berupa produk reseller, dan manajemen usaha masih masih dikelola secara sederhana. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah ada peningkatan pemahaman dan keterampilan mitra, kenaikan omzet penjualan dan keuntungan, serta peningkatan keterampilan dalam penggunaan teknologi.

Full Text:

PDF

References


J. Jesica and S. Kempa, 2016, Analisis Strategi Bisnis pada CLICK FESYEN, AGORA, vol. 4, no. 2, pp. 286–292.

T. D. M. T. K. Kusmayadi, M. A. Z. M. A. D. Christina, and B. P. S. A. Arifi, Rencana Pengembangan Industri Mode 2015-2019, 2015, PT Republik Solusi.

Data Industri, 2020, Tren Data Pertumbuhan Industri Teksti dan Pakaian Jadi 2010-2021, dilihat 10 Oktober 2021, .

iprice, 2021, Peta E‑Commerce Indonesia, dilihat pada 10 Oktober 2021, .

N. A. Rakhmawati, A. E. Permana, A. M. Reyhan, and H. Rafli, 2021, Analisa Transaksi Belanja Online pada Masa Pandemi Covid-19, Jurnal Teknoinfo, vol. 15, no. 1, p. 32-37.

Strategyzer, “Business Model Canvas,” Business Model Canvas, dilihat 25 Oktober 2021, .

Y. I. Hamzah, 2013, Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Interaktif Bagi Pariwisata Indonesia, Jurnal Kepariwisataan Indonesia, vol. 8, no. 3, pp. 1–9.

Febriansyah, 2013, Pengaruh Perubahan Logo (Rebranding) Terhadap Citra Merek Pada PT Telkom Tbk di Bandar Lampung, J. Manajemen dan Akuntansi, vol. 18, no. 2, pp. 1–24.

D. Sunyoto, 2014, Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.

Infinitity Label, 2021, Label Pengiriman Olshop Agar Bisnis Lebih Mudah Dikenal, dilihat 1 November 2021, .

B. Larissa et al., 2017, Perancangan Promosi Produk Kosmetik Salsa Abstrak Pendahuluan Metode Perancangan, J. DKV Adiwarna, vol. 1, no. 10, pp. 1–10.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.