PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA UMKM MASYARAKAT DUSUN GEBANG, PANGGANG GUNUNGKIDUL

Fahrul Imam Santoso

Abstract


Desa memiliki potensi yang cukup besar dalam mendorong roda perekonomian masyarakat di Indonesia. Di beberapa wilayah pedesaan di Indonesia saat ini sudah mulai digalakkan upaya menggali potensi yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa setempat. UMKM sebagai roda penggerak perekonomian masyarakat sangat berperan penting dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.Dalam pengabdian masyarakat dosen pada kesempatan ini, pengabdi mengadakan kegiatan peningkatan ketrampilan melalui pelatihan pengelolaan keuangan UMKM pada UMKM di Dusun Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DIY. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini diharapkan dapat secara efektif dan efisien dalam memberikan edukasi dan peningkatan ketrampilan UMKM dalam menyusun Laporan Keuangan dan Pembukuan serta mampu diterapkan oleh masyarakat pengelola UMKM di Dusun Panggang Gungungkidul dalam mengelola keuangan secara baik dan efisien sehingga memberikan dampak pada transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan BumDes yang dapat lebih profesional. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengundang perwakilan masyarakat pengelola UMKM peternak telur bebek dan puyuh Dusun Panggang dengan tetap memperhatikan protokoler kesehatan, kemudian diberikan pelatihan pengelolaaan Keuangan UMKM menggunakan software Accurate 4.0.

Full Text:

PDF

References


Syahrenny, Nenny. 2019. Pelatihan Penyusunann Laporan Keuangan UMKM Sesuai SAK EMKM. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Ke-2, Online ISSN 2655-978, LP4MP, Mojokerto, 17 Desember 2019.

Dharma, A. B., TDKW, Y., & Masturi, D. N. 2019. Pelatihan dan Penyusunan Laporan Keuangan dan Pajak Pelaku UMKM Produk Sampah di Desa Polanharjo Klaten. Wasana Nyata: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 3(2), 144-149.

Machfuzhoh, A., Lutfi, & Utami, I. 2020. Pelatihan Pembukuan Sederhana Bagi UMKM Menuju UMKM Naik Kelas di Kecamatan Grogol. Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat, 1(2), 109-116.

Agustina, Y., Setianingsih, S., & Santoso, Y. D. 2019. Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Bagi Entitas Mikro, Kecil, dan Menengah Bidang Usaha Dagang pada UMKM Binaan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia. Intervensi Komunitas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1-13.

Pustapa, P., Riandra, A., & Aisyah, R. 2019. Pelatihan Akuntansi Keuangan Bagi UMKM Kota Madya Medan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPM), 1(1), 8-12.

Azlina N., Taufik T., Putri S.,M., & Indrapraja M.,H.,D. 2020. Pelatihan penyusunan laporan keuangan UMKM di Kabupaten Kampar. Unri Conference Series: Community Engagement, Vol. 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.