WORKSHOP PENINGKATAN KEMAMPUAN KARYAWAN UMKM DALAM MARKETING DIGITAL PADA LAUNDRY EVE

Eli Pujastuti

Abstract


Laundry menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari di lingkungan kos. Laundry Eve adalah salah satu laundry yang berada pada lingkungan kampus. Banyak mahasiswa yang menggunakan jasa laundry setiap harinya sebelum pandemi. Pandemi yang menerpa memberi efek yang cukup besar terhadap usaha laundry. Mahasiswa yang tadinya ada di kos karena harus menghadiri kuliah, harus pulang ke kampung halaman. Alhasil, laundry yang biasanya menerima orderan dari mahasiswa-mahasiswa ini pun harus merasakan dampaknya juga. Laundry Eve sangat terdampak karena jangkauan pelanggannya hanya pada mahasiswa terdekat dari lokasi laundry. Permasalahan jarak dan lokasi ini ada karena karyawan laundry yang tidak terbiasa memanfaatkan teknologi digital untuk memarketingkan jasa laundry melalui internet. Pengabdian ini menghasilkan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan laundry untuk menambah peluang dan jangkauan dari layanan jasa laundry. Setelah pengabdian selesai, karyawan laundry dapat membuat konten dan meng-update Instagram bisnis secara mandiri.

Full Text:

PDF

References


Wikipedia Indonesia, “Usaha Micro Kecil Menengah.” https://id.wikipedia.org/wiki/Usaha_mikro_kecil_menengah (accessed Nov. 27, 2021).

“Arti Kenormalan Baru.” https://kemensos.go.id/apa-itu-kenormalan-baru (accessed Nov. 27, 2021).

“Canva Design.” https://www.canva.com/id_id/q/pro/?utm_source=google_sem&utm_medium=cpc&utm_campaign=id_id_all_pro_rev_conversion_branded-tier1-core_em&utm_term=id_id_all_pro_rev_conversion_branded_tier1_canva_em&gclsrc=aw.ds&gclid=CjwKCAiAqIKNBhAIEiwAu_ZLDkIgCpUgTOvA_qwdzeboFhefdws4Xua3Cp6Y5XToVjskaeT1FvexoCGGkQAvD_BwE (accessed Apr. 10, 2021).

“Instagram.” https://www.instagram.com/ (accessedApr. 10, 2021).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.