Pemanfaatan sampah dapur menjadi Pupuk Organik Cair (POC) dan Pemasarannya Melalui Marketplace

Anna Baita, Fajrul Falahudin Rasyid

Abstract


Sampah merupakan problematika setiap rumah tangga. Setiap rumah tangga pasti menghasilkan sampah setiap harinya. Akan tetapi pengelolaan sampah seringkali belum tepat, sehingga justru sering menimbulkan potensi masalah misalnya: degradasi kebersihan lingkungan, timbulnya aroma busuk, potensi virus dsb. Sampah dapur dari hasil kegiatan masak memasak merupakan sampah organik yang dapat diolah menjadi pupuk cair (POC). Kegiatan pengabdian ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi kepada masayarakat desa Kerten perihal pengolahan sampah dapur menjadi pupuk cair. Metode yang diterapkan dalam kegiatan ini adalah menyajikan materi kemudian melakukan praktik langsung untuk membuat POC. Setelah 2 minggu dari kegiatan maka dilakukan pemanenan POC. Hasil POC yang didapatkan diujikan ke laboratorium. POC yang dihasilkan memenuhi standard PH, namun belum memenuhi standar unsur hara dari kementan.

Full Text:

PDF

References


Indrajaya, A.R., 2018, Uji Kualitas dan Efektifitas POC dari MOL Limbah Sayuran Terhadap Pertumbuhan dan Produktivitas Sawi. Jurnal Prodi Biologi Vol 7 No 8.

Marpaung A.E, 2014 Pemanfaatan Pupuk Organik Cair dan Teknik Penanaman Dalam Peningkatan Pertumbuhan dan Hasil Kentang, J Hort. Vol 24.

Susilowati, D. 2017, Respon Tanaman kedelai Edamame ( Glycine max (L.) Merr.) Terhadap Aplikasi POCdan Zeolit, Prosiding Semnas Sains & Enterpreneurship IV.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.