CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT SYSTEM “CREATIVE BATIK” DALAM PENINGKATAN CUSTOMER RELATIONSHIP DI MASA PANDEMI COVID-19

Ainul Yaqin, Alfriadi Dwi Atmoko, Wiji Nurastuti MT

Abstract


Usaha Micro, Kecil Menengah (UMKM) merupakan pilar dalam pembangunan ekonomi Nasional dan UMKM mampu memberikan kontribusi dalam hal penyerapan tenaga kerja serta perannya dalam sektor pemerataan pendapatan dan wadah sosial ekonomi masyarkat. Salah satu bentuk UMKM yang berlokasi di Selokraman Kotagede Yogyakarta adalah Creative Batik yang bergerak dalam bidang fashion lebih khusus dalam dunia batik kontemporer. Creative batik telah memulai usaha dari tahun 2011 memiliki tujuan berfokus pada pelestarian batik sebagai fashion. Dalam pelaksanaannya Creative Batik berharap mengedepankan konsep customer relationship serta manajemen laporan keuangan dalam urusan internal.

beberapa kendala dalam hal pelayanan di masa pendemi Covid-19 serta memetakan customer. Begitu juga dalam hal laporan keuangan yang masih belum menerapkan secara keilmuan akuntansi dikarenakan minimnya pengetahuan stake holder dalam Creative Batik. Harapan dari Creative Batik dengan menjadi mitra dalam kegiatan Pengabdian Masyarkat TDPT dapat mengoptimalkan penerapan customer relationship dengan Teknologi utamanya Customer Relationship Management System serta mampu membuat laporan keuangan yang baik.

Luaran dari Kegiatan ini adalah peningkatan hubungan pelanggan dengan penerapan customer relationship management system (CRMS), peningkatan kemampuan pengelolaan CRMS, serta peningkatan penyusunan laporan keuangan.


Full Text:

PDF

References


R. Budiarto and dkk., Pengembangan UMKM Antara Konseptual dan Pengalaman Praktis. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 2015.

R. Indonesia, “Undang-Undang Republik INDONESIA nomor 11 Tahun 2O2O Tentang Cipta Kerja.” 2020.

N. Sunardi, R. Lesmana, Kartono, Rudy, and W. Hasbiyah, “Peran Manajemen Keuangan dan Digital Marketing dalam Upaya Peningkatan Omset Penjualan bagi Umkm Pasar Modern Intermoda Bsd City Kota Tangerang Selatan di Tengah Pandemi Covid-19 ,” J. Abdi Masy. Humanis, vol. 2, no. 1, Oct. 2020.

M. Yuniati and R. Amini, “Analisis Dampak Covid19 Terhadap Daya Beli Masyarakat NTB,” J. Penelit. Manaj., vol. 2, no. 2, pp. 362–368, Dec. 2020.

Y. Baashar et al., “Customer relationship management systems (CRMS) in the healthcare environment: A systematic literature review,” Computer Standards and Interfaces, vol. 71. Elsevier B.V., p. 103442, 01-Aug-2020, doi: 10.1016/j.csi.2020.103442.

F. Simbolon, “Model Pengukuran Kinerja Customer Relationship Management Dalam Industri Perbankan,” BINUS Bus. Rev., vol. 5, no. Mei, pp. 278–287, 2014.

A.F. Sibero, 2011, Kitab Suci WEB programming. Yogyakarta: Mediakom


Refbacks

  • There are currently no refbacks.