PkM Penerapan Strategi Digital Marketing Didukung Aplikasi Mobile “Qasir” dalam Toko Ar-Raudhah

Agus Fatkhurohman

Abstract


Saat dimulai pandemic Covid 19 banyak pelaku bisnis yang mengalami penurunan omset. Baik dari usaha rumahan ataupun skala besar seperti perusahaan. Hal ini dikarenakan sejak awal ditetapkan dan diberlakukannya pembatasan aktivitas berskala besar demi mengurangi tingkat tertularnya virus Covid 19 yang sedang mengancam di Negara kita, banyak masyarakat takut akan melakukan kegiatan keluar rumah, selain dilarang oleh peraturan pemerintah, banyak masyarakat lebih memilih bertahan di dalam rumah daripada keluar rumah. Akibatnya dampak dari hal tersebut banyak pelaku usaha yang lama kelamaan mengalami penurunan omset pendapatan setiap bulanya dan bahkan ada yang sampai tutup dan gulung tikar karena tidak ada pendapatan sama sekali.

 

Seperti halnya dengan pelaku usaha bisnis rumahan ini yang benama Ar-Raudhah busana muslim. Fokus dari usaha ini adalah menjual busana muslim secara offline, yang mana semakin kesini omset yang di dapatkan semakin berkurang. Maka untuk mencegah terjadinya beberapa hal yang mungkin tidak diinginkan kedepannya, maka perlu diadakannya sebuah pendampingan khusus guna memperkenalkan proses pemasaran secara online dan berjualan secara online melalui marketplace. Dalam pendampingannya nanti akan dilakukan pelatihan khusus untuk pemasaran online dengan beberapa target dapat mempunyai toko online dan juga penerapan sebuah aplikasi mobile Qasir sebagai media pencatatan seluruh transaksi.


Full Text:

PDF

References


Azizah Noor, Mahendra Danang, Lofian budi, 2019, “Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Strategi Promosi dan Penjualan UMKM Tas di Kabupaten Kudus”, E-Dimas Jurnal Pengabdian Masyarakat, Volume 10 Nomor 01 Maret 2019.

Hanoatubun Silpa, 2020, ”Dampak Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia”, EduPsyCouns Journal, Volume 2 Nomor 1.

Hamzah Lies Maria, Agustien Devi, 2019, “Pengaruh Perkembangan Usaha Mikro, Cecil, Dan Menengah Tehadap Pendapatan Nasional Pada Sektor UMKM Di Indonesia”, Jurnal Ekonomi Pembangunan Volume 8 No 2 Juli.

Harto Dedy, Pratiwi Sulistya Rini, dkk, 2019, “Penerapan Internet Marketing Dalam Meningkatkan Pendapatan Pada UMKM”, JPPM, Volume 3 no 1 Maret 2019.

Setyowardhani Hapsari, Susanti Hera, Riyanto, 2019, “Optimalisasi Media Sosial Sebagai Alat Plromosi Untuk Desa WIsata Lebakmuncang”, Dinamisia Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol. 3, Special Issue Juni.

Immanuel Dewi Mustikasari, 2019, “Pembelajaran Online Marketing Pada Program Kewirausahaan Pemberdayaan Wanita Desa Kesamben Wetan Gresik”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks, Vol. 5 No. 2 Desember


Refbacks

  • There are currently no refbacks.