BIMBINGAN MANAJEMEN USAHA BAGI ENTREPRENEUR START UP

Tanti Prita Hapsari

Abstract


Pelaku usaha mengalami tantangan yang cukup berat di masa Pandemi Covid 19 ini, oleh karena itu harus diambil langkah cepat agar para pelaku usaha tidak mengalami kerugian atau setidaknya dapat meminimalisasi dampak resiko dari pandemi terhadap bisnisnya. Bimbingan manajemen usaha bagi entrepreneur start up diadakan sebagai salah satu bentuk kegiatan untuk membantu masalah yang dihadapi oleh pelaku usaha tersebut. Bimbingan manajemen dilakukan dalam bentuk pelatihan, konsultasi dan pendampingan. Pelatihan telah dilakukan pada  tanggal 29 Agustus 2020, sedangkan untuk konsultasi dilakukan secara lebih fleksibel yaitu dapat dilakukan saat pertemuan maupun diluar jadwal pertemuan. Bimbingan manajemen tersebut fokus pada permasalahan yang dihadapi oleh mitra khususnya meliputi manajemen keuangan dan pemasaran di masa pandemi.  Berdasarkan pada hasil evaluasi dapat diketahui bahwa peserta memiliki pemahaman terhadap materi yang diberikan dan mampu mengadopsinya untuk diterapkan dalam usaha sehingga dapat menjaga kestabilan usaha dan mempertahankan bisnis yang dijalankannya.  Diharapkan ke depan solusi yang diberikan dapat membantu start up dalam meningkatkan penjualan dan pendapatannya.

 

Kata kunci: manajemen, pelatihan, pendampingan

Full Text:

PDF

References


Bahtiar, R.A. dan Saragih, J. P., 2020, “Dampak Covid 19 Terhadap Perlambatan Ekonomi Sektor UMKM, Puslit BKD, Volume XII No.6, Maret.

Lembaga Pengabdian Masyarakat, 2018, “Panduan Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta,” Universitas Amikom Yogyakarta.

https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-jitu-agar-ukm-bisa-bertahan-hadapi-krisis-akibat-corona/ diakses 1 Mei 2020


Refbacks

  • There are currently no refbacks.