PELATIHAN KEMAMPUAN DASAR FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA DOKUMENTASI DAN PUBLIKASI BAGI BADAN PENGAWAS PEMILIHAN UMUM (BAWASLU) KABUPATEN SLEMAN

Dhimas Adi Satria

Abstract


Pentingnya fotografi dalam penyelenggaran pemilu salah satunya adalah sebagai media dokumentasi dan  publikasi visual dengan baik dan benar. Hal ini menjadikan alasan dalam kegiatan memberikan  pengetahuan fotografi bagi Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman. Salah satu  bagian staff dari Bawaslu yang bertugas menangani dokumentasi dan publikasi adalah Pengawas  Kecamatan (panwascam) dimana tugas utama mereka adalah mendata warga yang mendapatkan hak pilih  suara, serta membuat dokumentasi laporan menggunakan fotografi mengenai tata cara pemilihan suara  dan kegiatan pemilu. Pelatihan fotografi ini menekankan pada pengenalan dasar, penguasaan dan  pengaplikasian teknikteknik fotografi secara umum. Namun penguasaan ini akan ditekankan pada  penggunaan smartphone sebagai fokus utama sebagai media perekam atau pengambilan gambar. Karena  masih banyak dari anggota mitra yang belum memahami smartphone selain sebagai media komunikasi  tetapi juga bisa digunakan sebagai media perekam yang mumpuni, praktis dan mudah digunakan.

 

Kata kunci: Fotografi, Kamera, Smartphone, Media

Full Text:

PDF

References


Abdi, Yuyung. 2012. Photography From My Eyes: Semua Hal yang Perlu Anda Ketahui untuk Menjadi Fotografer Serba Bisa. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Irwandi dan Apriyanto, Muh. Fajar. 2012. Membaca Fotografi Potret: Teori, Wacana, dan Praktik. Yogyakarta: Gamamedia.

Markow, Paul. 1999. Advertising Photography. New York: Amherst Media Inc. Buffalo.

Rudi Setiawan, Mardohar Batu Bornok. 2015. Estetika Fotografi. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. Universitas Katolik Parahyangan.

Saleh, Khaerul (2004) SENI FOTOGRAFI SEBAGAI DOKUMENTASI. Jurnal Seni Rupa FBS Unimed, 01 (02). pp. 121-129. ISSN 1829-8230


Refbacks

  • There are currently no refbacks.