STRATEGI UPGRADING UMKM PECEL ERA COVID-19

Yusuf Amri Amrullah

Abstract


Mitra merupakan UMKM pecel yang sudah berdiri  kurang lebih 5 sampai dengan 10 tahun, di era pandemi ini mitra tidak terlalu mendapatkan dampak negatif dari pandemi covid-19 karea produk yang dijual berupa sayuran. Salah satu yang ingin ditingkatkan yaitu inovasi pada desain packaging dimana packaging belum memiliki label, termasuk logo dan merek. Metedoe yang digunakan yaitu pendampingan dan konsultasi, pendampingan digunakan untuk meningkatkan antusiasme pelaku bisnis.  Hasil yang diharapkan yaitu bertambahnya nilai dari produk itu sendiri dengan logo dan branding yang digunakan, dan meingkatkan harga dari Rp5.000,- menjadi Rp10.000,-. Selain itu saran untuk UMKM ini yaitu perlunya dibuatkan tempat produksi tersendiri, sebagai bagian dari syarat kepengurusan sertifikasi halal, Bpom, PIRT dan IUMK.

 

 

Kata kunci: Upgrading, UMKM, Pecel

Full Text:

PDF

References


Ascara dan Siti Rahmawati. 2015. Analisis Determinan Kenaikan Kelas Usaha Mikro. WP/1/2015. Bank Indonesia.

Mc. Clelland, David C. (1961). The Achieving Society. New York: D. Van Nostrand Company, Inc.

Reeg, C. (2013a). Micro, Small and Medium Enterprise Upgrading in India: Learning form Success Cases. Bonn: Deutsches Institut für Entwicklungspolitik (German Development Institute).

Tim Penyusun Lembaga Pengabdian Masyarakat Universitas Amikom Yogyakarta. 2020. Panduan Pelaksanaan Internal Pengabdian Masyarakat Dosen Universitas Amikom Yogyakarta Edisi 2020. Yogyakarta.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil,Dan Menengah.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.